Pengertian Web Hosting dan Jenisnya

Pengertian Web Hosting dan Jenisnya - Hosting Website atau 'web hosting' adalah layanan web, layanan web hosting yang disediakan oleh penyedia web hosting yang memberi kita lokasi fisik untuk penyimpanan halaman web dan semua jenis file.

Anda bisa berpikir seperti perusahaan web hosting sebagai tipe pemilik rumah, mereka mendapatkan sewa dari pemilik situs web dan menyediakan ruang penyimpanan fisik di server web hosting mereka sehingga memungkinkan halaman web dilihat di Internet.


Baca juga: Sejarah Internet

Layanan hosting web atau penyedia web hosting yang menyediakan komputer bertenaga tinggi (server web) dengan internet berkecepatan tinggi untuk situs web Anda. Bila seseorang mengetik di alamat situs Anda mereka akan terhubung ke server hosting halaman web Anda dimana mereka bisa berselancar (browsing) halaman situs Anda. web hosting

Hosting Gratis atau berbayar?
Ada banyak perusahaan web hosting yang memberi kita Website Hosting gratisan, jadi jika Anda tidak tertarik untuk membayar jangan repot-repot membayarnya

Sebagian besar perusahaan web hosting gratis' menawarkan layanan terbatas dan bukan biaya sepeser pun dari Anda ke halaman web hosting . Mereka mendapatkan pendapatan dengan menempatkan iklan di situs Anda.

Selain itu, perusahaan web hosting gratis membatasi Anda agar tidak diizinkan menjual produk apa pun atau memiliki konten tertentu seperti video atau musik, dll.

Jika Anda serius memiliki Website Hosting Anda perlu menggunakan perusahaan web hosting yang andal. Kisaran harga perusahaan web hosting menawarkan serendah $ 1 per bulan sementara yang lain mengenakan biaya $ 100 atau lebih.

Tingkat tinggi perusahaan web hosting tidak selalu terjemahkan sebagai layanan tinggi. Beberapa perusahaan web hosting dengan harga lebih rendah menawarkan lingkungan yang andal dan stabil yang memungkinkan situs Anda diakses dari hari ke hari selama bertahun-tahun.

Secara umum semakin banyak Anda membayar semakin banyak yang Anda dapatkan. Tingkat yang lebih tinggi harus memberi Anda lebih banyak ruang penyimpanan, lebih banyak bandwidth untuk menangani lalu lintas Internet, dan lebih banyak layanan seperti database, akun email, surat kabar massal, dan kemampuan untuk menambahkan skrip kustom.

Tingkat yang lebih tinggi penyedia web hosting juga bisa berarti layanan teknis yang lebih baik jika Anda memiliki masalah dengan Hosting Website atau halaman web hosting Anda.

Jenis Hosting
Seiring teknologi telah berkembang berbagai jenis perusahaan web hosting tampaknya memenuhi kebutuhan berbeda dari Hosting Website dan pelanggan:

Shared Web Hosting
VPS (Virtual Private Server)
Dedicated Hosting
Managed Hosting

Shared Web Hosting adalah jenis yang paling umum dari web hosting , dan juga yang paling mudah untuk memulai.

Shared web hosting adalah layanan dimana satu server dibagi antara banyak pelanggan. Ini biasanya menawarkan keuntungan dan kerugian sebagai berikut:

Ini lebih murah - Anda tidak perlu membayar seluruh server Website Hosting dimuka.

Ini lebih mudah digunakan - server web hosting telah dikonfigurasikan sebelumnya dengan opsi yang paling populer dan perusahaan hosting Anda akan mengurus pembaruan perawatan dan keamanan apa pun untuk Anda.

Anda berbagi sumber daya server web hosting dengan tetangga Anda - jika satu situs menjadi sangat sibuk, hal itu dapat mempengaruhi (dan memperlambat) semua situs lain di server web hosting tersebut .

Ini bisa jadi kurang fleksibel - seperti tinggal di blok apartemen bersama tetangga Anda perlu dipertimbangkan. Serupa dengan pengecualian untuk menjaga hewan peliharaan atau melempar pesta liar (tapi kurang menyenangkan), Anda mungkin tidak dapat memblokir port tertentu atau memodifikasi komponen inti.

Karena shared web hosting adalah jenis yang paling umum dari web hosting, kebanyakan perusahaan web hosting hanya menyebutnya sebagai web hosting atau situs web hosting . Shared web hosting hadir dalam dua rasa tergantung pada sistem operasi pilihan
Anda: Linux web hosting dan windows web hosting.

VPS
VPS singkatan dari Virtual Private Server, dan pada dasarnya adalah rumah setengah jalan antara shared web hosting dan dedicated web hosting .

Pelanggan VPS masih berbagi perangkat keras server fisik dengan pelanggan VPS lainnya, namun partisi teknologi virtualisasi khusus server web hosting sehingga setiap partisi memiliki sumber daya khusus dan dapat dikonfigurasi hampir seperti dedicated server penuh.

Ini biasanya menawarkan keuntungan dan kerugian sebagai berikut:

Situs Anda akan memiliki sumber daya yang dipartisi seperti CPU dan memori - tetangga yang sangat bising berbagi perangkat keras yang sama karena Anda akan memiliki lebih sedikit efek.
   
Pelanggan yang kurang menempati server web hosting yang sama - sehingga situs web Anda akan memiliki lebih banyak sumber daya selain dari shared web hosting, namun biaya bulanan Anda biasanya akan lebih tinggi.

Perangkat lunak virtualisasi memberikan lebih banyak kebebasan untuk mengkonfigurasi server hosting web Anda, namun juga mengasumsikan tingkat pengalaman teknis yang lebih tinggi.

Dedicated web hosting
Dedicated server web hosting adalah tempat pelanggan memiliki seluruh server dan semua sumber dayanya yang didedikasikan untuk penggunaan pribadi mereka. Dedicated hosting biasanya menawarkan keuntungan dan kerugian sebagai berikut.

Fleksibilitas & kustomisasi - pelanggan dapat memilih spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat dari server untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sumber daya yang berdedikasi dan kinerja yang terjamin - pelanggan tidak membagikan sumber daya server mereka kepada orang lain.

Kontrol penuh - pelanggan memiliki akses root penuh ke server mereka dan dapat mengkonfigurasi dan men-tweak pengaturan mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebelum pengetahuan teknis diperlukan - kecuali jika pilihan manajemen server telah dipilih, Anda bertanggung jawab untuk mengelola dan mengkonfigurasi server.

Lebih mahal - biaya server tidak dibagikan dengan pelanggan lainnya.

0 komentar