Pengertian Transmisi Jaringan dan Fungsinya

Pengertian Transmisi Jaringan dan Fungsinya - Sebelum mentransmisikan informasi tentang media transmisi, harus dikodekan secara memadai. Jaringan harus memungkinkan kecepatan yang sangat tinggi dengan jarak yang lebih jauh atau lebih pendek. Dalam konteks ini, tiga pendekatan dimungkinkan untuk mengkodekan bit dari aplikasi:

• Informasi disampaikan langsung ke baseband, yang memungkinkan perolehan arus kas di gigabits per detik. Jarak tanpa regenerasi agak pendek dan bergantung pada kecepatan. Seseorang bisa mencapai beberapa kilometer.

• Kecepatan yang dicapai jauh lebih kecil, namun jaraknya lebih besar. Untuk meningkatkan kecepatan, Anda harus bisa mengangkut sejumlah besar bit per interval waktu.

• Sinyal digital dimodulasi pada carrier, dan setiap jenis informasi dialokasikan bandwidth sesuai kebutuhannya. Inilah pendekatan yang dikenal broadband.

Baca juga: Macam Macam Jaringan Komputer

Transmisi baseband
Transmisi baseband adalah yang paling sederhana, karena tidak ada modulasi yang diperlukan. String bit yang mewakili informasi ditransmisikan langsung ke support oleh perubahan yang diperkenalkan dalam merepresentasikan sinyal informasi dalam bentuk transisi voltase, atau pulsa cahaya jika serat optik digunakan.

Sinyal baseband tunduk pada atenuasi, yang penting tergantung pada dukungan karyawan. Mereka harus diregenerasi secara berkala dalam jarak jauh. Regenerasi ini dilakukan dengan menggunakan repeater yang menerima sinyal dan menghafal sepersekian detik sebelum mentransmisikan ulangnya ke jalur keluar.

Transmisi Broadband
Metode ini menggunakan multiplexing pembagian frekuensi. Saluran yang berbeda diciptakan, berawal dari pembagian bandwidth pendukung di beberapa sub band frekuensi. Teknik ini memiliki keuntungan yang memungkinkan transmisi simultan independen.

Setiap perangkat di kabel dilengkapi dengan modem tertentu. Hal ini memungkinkan pemilihan mode transmisi, digital atau analog, yang paling sesuai dan paling efektif untuk jenis informasi yang akan ditransmisikan.

Baca juga: Perangkat Jaringan Komputer

Sebagai contoh, data komputer adalah output pada pita digital dan suara dan gambar pada pita analog. Transmisi Namun koneksi broadband meningkatkan biaya dibandingkan dengan basis jaringan strip, lebih mudah dipasang dan umumnya lebih murah.

0 komentar