Pengertian Topologi Mesh dan Contohnya

Pengertian Topologi Mesh dan Contohnya - Jaringan mesh adalah jenis jaringan nirkabel yang menggunakan node berlebihan dan terdistribusi untuk memberikan keandalan dan jangkauan yang lebih baik untuk jaringan nirkabel tertentu. Sejumlah node kecil, yang disebut repeater, terhubung ke node besar atau router nirkabel untuk memberikan cakupan di area yang lebih luas daripada yang mungkin dilakukan dengan router nirkabel saja.

Perangkat lunak topologi jaringan Mesh dibangun di sekitar gagasan tentang jaringan penyembuhan diri, yang mampu memberi sinyal routing secara efisien melalui rangkaian node yang kompleks dan terus bekerja dengan efektif bahkan ketika beberapa node berada di bawah.

Gagasan untuk menyediakan internet nirkabel bagi sejumlah besar orang menjadi sangat menarik setelah munculnya kartu nirkabel murah di pertengahan tahun 90an, yang kemudian memungkinkan Internet menjadi fenomena mobile yang sering tidak mahal. Sejak itu, beberapa kota, termasuk wilayah metropolitan besar seperti Pittsburgh, telah mengadopsi tujuan menyediakan akses jaringan nirkabel gratis di mana-mana.

Ini akan membuat internet tidak hanya mobile dan tanpa biaya, tapi hampir di mana-mana. Pada tahun 2005, inisiatif tersebut dibawa ke tingkat federal dalam sebuah laporan oleh Komite Kebijakan Komunikasi dan Informasi IEEE-AS, yang menyatakan bahwa AS harus bergerak secepat mungkin untuk menggunakan jaringan nirkabel gigabit-plus di mana-mana atau menderita lama konsekuensi ekonomi. topologi jaringan mesh merupakan solusi ideal.

Ketika gagasan untuk menyediakan jaringan nirkabel ke wilayah yang luas, terutama di seluruh wilayah metropolitan, dibahas, dua arah untuk pertumbuhan biasanya dipertimbangkan - meningkatkan jangkauan dari setiap node nirkabel tertentu, atau meningkatkan jumlah node nirkabel untuk cakupan yang lebih baik.

Meskipun protokol dan standar teknologi baru akan meningkatkan jangkauan node nirkabel dengan faktor dua atau tiga, jangkauan jangkauan wireless yang lebih besar tampaknya tidak mungkin, namun beberapa pendekatan yang tidak lazim seperti peluncuran massal airships yang berfungsi sebagai penyiaran nirkabel.

Satu-satunya alternatif lain adalah dengan meningkatkan jumlah node nirkabel yang beroperasi, membuat miniatur mereka, meminimalkan biaya dan mengembangkan perangkat lunak yang lebih baik untuk mengarahkan data di antara jaringan multi-noded yang kompleks, yang semuanya berada di bawah panji teknologi jaringan mesh. Baru-baru ini, beberapa lusin perusahaan, termasuk Google, telah menawarkan untuk melengkapi San Francisco dengan jaringan mesh nirkabel secara gratis.

Jaringan mesh telah menarik banyak perhatian karena teknologi nirkabel mulai menjadi terjangkau, sudah menghasilkan 70 protokol yang bersaing untuk routing data di jaringan mesh. Perusahaan seperti Insteon menyediakan pelanggan dengan jaringan mesh untuk digunakan di rumah atau di kantor, menawarkan untuk mengintegrasikan teknologi nirkabel ke dalam peralatan sehari-hari seperti microwave atau meteran gas.

Karena jaringan jala menjadi cukup kecil dan murah, maka akan menjadi terintegrasi dengan berbagai perangkat dalam kehidupan kita sehari-hari, semakin memadukan garis antara virtual dan nyata.

0 komentar