Pengertian Topologi Jaringan Ring dan Contohnya

Pengertian Topologi Jaringan Ring dan Contohnya - Topologi Jaringan Ring adalah jaringan dua atau lebih perangkat jaringan yang terhubung secara fisik atau logis, satu demi satu, sehingga membentuk rangkaian perangkat, dengan perangkat terakhir yang terhubung ke perangkat pertama. Topologi Jaringan Ring biasanya direkayasa sebagai topologi single-ring atau dual-ring. Teknologi multi-ring yang melibatkan dua atau lebih cincin paralel juga telah berkembang.

Jaringan umumnya ditandai dengan dua cara: fisik dan logis. Istilah "topologi fisik" menggambarkan bagaimana perangkat dihubungkan secara fisik, sehingga topologi jaringan ring fisik memiliki perangkat yang terhubung secara fisik untuk membentuk cincin. 

Pandangan topologi logis berkaitan dengan bagaimana informasi mengalir. Dalam perspektif logis, topologi jaringan ring mungkin memiliki perangkat yang terhubung secara fisik sebagai jaringan bus, jaringan bintang, jaringan mesh atau jaringan pohon, namun arus informasi dari perangkat ke perangkat seolah terhubung dalam lingkaran fisik. 

Misalnya, jaringan secara fisik dapat diatur sebagai topologi star, namun informasi dapat mengalir dari satu perangkat ke perangkat seolah-olah jaringan itu adalah jaringan ring.

Salah satu kelemahan utama dari jaringan ring tunggal adalah bahwa break di manapun di ring dapat menyebabkan kegagalan total arus informasi. Untuk membantu mencegah gangguan pada sifat ini, sebuah cincin atau jalur putar paralel kedua dapat ditambahkan yang mengirimkan informasi ke arah yang berlawanan. 

Jaringan redundan jenis ini disebut jaringan dual ring. Jika salah satu cincin di jaringan ring ganda mengalami kerusakan, informasi masih dapat menjangkau semua perangkat dengan menggunakan jalur alternatif yang tidak rusak.

Kerugian kedua dari jaringan cincin adalah bahwa informasi berjalan lebih lambat karena data harus melewati setiap perangkat karena membuat jalan melalui jaringan. Meskipun keterbatasan ini, topologi ring masih digunakan di jaringan serat optik seperti jaringan data terdistribusi serat (FDDI), jaringan jaringan sinkron optik (SONNET) dan jaringan hirarki digital sinkron (SDH). Ketika jaringan berkecepatan tinggi ini menggabungkan topologi ring ganda secara fisik, mereka mendapatkan lebih banyak keuntungan dari redundansi yang diberikan oleh jenis topologi ini.

Topologi Jaringan Ring pertama kali menjadi populer di tahun 1980an ketika topologi jaringan ring logika digunakan pada teknologi token ring. Keterbatasan yang melekat pada jaringan ring, bersama dengan masalah kompatibilitas antara token ring dan protokol lainnya, mengakibatkan teknologi ring token sebagian besar digantikan oleh metode transport data yang lebih baru seperti Ethernet. Meskipun Ethernet semakin banyak menggantikan protokol yang digunakan dengan jaringan ring serat optik, penggunaan jaringan ring dan pengembangan untuk transportasi data berkecepatan tinggi terus berlanjut.

0 komentar