Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Jaringan Komputer - Topologi jaringan mengacu pada cara jaringan komputer Anda diatur. Jaringan bisa memiliki fisik atau topologi logis. Topologi fisik menggambarkan tata letak komputer dan tempat stasiun kerja diposisikan. Topologi jaringan logis menggambarkan bagaimana informasi mengalir melalui jaringan.

Memilih topologi fisik Anda penting karena jika tidak dipilih dengan benar, ini bisa menyebabkan jaringan Anda tidak beroperasi dengan benar. Ada beberapa istilah yang menggambarkan jenis topologi fisik yang bisa dimiliki jaringan. Topologi yang paling umum adalah bus, ring, star, dan mesh.

Dalam topologi bus, semua komputer dilekatkan pada satu kabel dengan menggunakan terminator. Terminator bekerja untuk menyerap energi dari sinyal di jaringan. Topologi bus mudah dipasang, tapi tidak bisa diandalkan karena satu default bisa menurunkan jaringan Anda.

Dalam topologi ring, setiap komputer terhubung langsung ke dua komputer lain di jaringan. Seperti halnya topologi bus, satu kesalahan bisa mengganggu jaringan ring. Jenis jaringan ini memang memiliki kelebihan, bagaimanapun, dan tidak memerlukan server jaringan.

Dalam topologi star, setiap komputer terhubung menggunakan kabel tersendiri. Penyiapan ini lebih dapat diandalkan daripada topologi bus karena disainnya membuatnya fault tolerant dan rentan terhadap kesalahan. Informasi pada jaringan ditransmisikan dari satu sistem ke sistem lainnya dan data mengalir dalam satu arah tunggal. Topologi mahal untuk dipelihara dan tidak dapat diandalkan karena menghapus satu komputer dapat mengganggu keseluruhan jaringan Anda.

Dalam topologi mesh, sebuah jalan hadir dari satu komputer ke komputer lain di jaringan. Topologi mesh biasanya digunakan dalam struktur internet. Topologi mesh bisa rumit untuk dibangun karena memiliki banyak hubungan antar lokasi. Untuk setiap komputer yang Anda miliki, Anda memerlukan setidaknya satu setengah koneksi untuk masing-masing komputer. Ini berkontribusi pada struktur yang mahal.

Dalam memilih topologi jaringan, pahami bahwa masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian masing-masing dan lihat mana yang sesuai dengan anggaran Anda dan mana yang sesuai dengan tata letak jaringan Anda. Juga pertimbangkan jumlah perawatan yang dibutuhkan di setiap topologi.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Saat membuat jaringan di rumah, pertimbangkan topologi jaringan yang sederhana dan mudah perawatannya. Anda juga menginginkan sebuah topologi yang tidak mahal untuk dipasang. Jika Anda memilih topologi untuk bisnis, Anda akan ingin mempertimbangkan topologi yang andal dan tahan terhadap kesalahan. Pelanggan Anda memerlukan jaringan yang bebas dari masa henti; Oleh karena itu, pastikan bahwa topologi Anda adalah salah satu yang tahan terhadap gangguan.

0 komentar