Pengertian Topologi Jaringan BUS dan Contohnya

Pengertian Topologi Jaringan BUS dan Contohnya - Topologi BUS adalah arsitektur jaringan komputer di mana semua perangkat di jaringan berbagi koneksi kabel yang sama, yang disebut sebagai bus. Sebuah jaringan bus menggunakan satu segmen kabel dimana masing-masing komputer terhubung, dan segmen kabel yang digunakan memiliki penghentian di setiap ujungnya.

Topologi BUS umumnya menggunakan kabel 10Base2 dan 10Base5. Ketika data berpindah dari perangkat, juga disebut node, ke segmen kabel, ia melakukan perjalanan ke setiap komputer di jaringan saat berjalan, memeriksa apakah masing-masing komputer adalah perangkat tujuan.

Tidak seperti jaringan cincin atau topologi jaringan bintang, jaringan bus memiliki masalah dengan kehilangan kabel. Semakin jauh data yang harus ditempuh di jaringan bus, semakin tinggi pula jumlah kehilangan data yang terjadi, terutama jika perangkat di jaringan bus saling berjauhan.

Akibatnya, perangkat pada jaringan bus harus ditempatkan pada jarak di mana kehilangan data seharusnya tidak menjadi masalah dan tidak memungkinkan workstation yang tersebar seperti apa yang mungkin terjadi pada jaringan bintang, cincin atau mesh.

Meskipun arsitektur jaringan lain memungkinkan beberapa perangkat untuk mengirim data, topologi jaringan bus terbatas karena hanya satu komputer yang bisa mengirim data sekaligus. Jika dua perangkat mencoba mengirim data pada saat bersamaan, tabrakan data bisa terjadi. Jika ini terjadi, kedua komputer akan menunggu jumlah waktu yang acak dan mencoba mengirim data lagi.

Topologi BUS juga mengandalkan banyak segmen kabel tunggal untuk menjaga agar jaringan tetap aktif dan berjalan. Setiap jenis istirahat di kabel akan mempengaruhi semua sistem yang terpasang dan mencatat keseluruhan jaringan, karena satu segmen digunakan untuk menghubungkan semua komputer.

Jika seseorang perlu menambahkan atau menghapus komputer dari jaringan, juga akan ada gangguan pada jaringan saat komputer sedang ditambahkan atau dihapus. Jika terjadi masalah, teknisi jaringan mungkin merasa sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang salah.

Banyak perusahaan menemukan jaringan bus yang menarik, bagaimanapun, dan jaringan bus adalah cara yang mudah dan murah untuk menerapkan jaringan. Topologi jaringan BUS tidak memerlukan peralatan khusus, menggunakan kabel kurang dari pada teknologi lainnya dan berguna untuk jaringan yang lebih kecil.

Di sisi lain, perusahaan yang berencana menggunakan beberapa perangkat di jaringan mungkin lebih memilih peningkatan kemampuan yang ditawarkan oleh jaringan bintang, terlepas dari penambahan waktu pemasangan dan pemasangan kabel.

0 komentar