Pengertian POP Mail

Pengertian POP Mail - Apa arti POP Email? - POP (Post Office Protocol) adalah standar internet yang mendefinisikan server email (server POP) dan cara untuk mengambil email darinya (menggunakan klien POP).

Apa arti POP3?
Post Office Protocol telah diperbarui 2 kali sejak pertama kali diterbitkan. Sejarah kasar POP adalah

POP : Post Office Protocol (POP1); diterbitkan 1984
POP2 : Post Office Protocol - Versi 2; diterbitkan tahun 1985 dan
POP3 : Post Office Protocol - Versi 3, terbit tahun 1988.


Pengertian Email, Fungsi Email, Jenis Email, Manfaat Email

Jadi, POP3 berarti "Post Office Protocol - Version 3". Versi ini mencakup mekanisme untuk memperluas protokol untuk tindakan baru dan, misalnya, mekanisme otentikasi. Sejak tahun 1988, ini telah digunakan untuk memperbarui Post Office Protocol, dan POP3 masih merupakan versi terkini.

Bagaimana cara kerja POP?
Pesan masuk disimpan di server POP sampai pengguna masuk (menggunakan klien email dan mendownload pesan ke komputer mereka.

Sementara SMTP digunakan untuk mentransfer pesan email dari server ke server, POP digunakan untuk mengumpulkan email dengan klien email dari server.

Bagaimana POP Membandingkan IMAP?
POP adalah standar yang lebih tua dan lebih sederhana. Sementara IMAP memungkinkan sinkronisasi dan akses online, POP mendefinisikan perintah sederhana untuk pengambilan email. Pesan disimpan dan ditangani secara lokal di komputer atau perangkat saja.

Oleh karena itu POP lebih mudah diimplementasikan dan biasanya lebih andal dan stabil.
Apakah POP Juga untuk Mengirim Surat?

Standar POP mendefinisikan perintah untuk mendownload email dari server. Itu tidak termasuk sarana untuk mengirim pesan. Untuk mengirim email, SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan.

Apakah POP Memiliki Kekurangan?
Kebajikan POP juga beberapa kelemahannya.
POP adalah protokol terbatas yang memungkinkan program email Anda tidak melakukan apapun kecuali mendownload pesan ke komputer atau perangkat, dengan opsi untuk menyimpan salinan di server untuk download di masa mendatang.

Sementara POP memungkinkan program email melacak pesan yang telah diambil sebelumnya, terkadang pesan gagal dan pesan ini dapat diunduh lagi.

Dengan POP, tidak mungkin mengakses akun email yang sama dari beberapa komputer atau perangkat dan melakukan sinkronisasi di antara keduanya.

Dimana POP Ditetapkan?
Dokumen utama untuk menentukan POP (qua POP3) adalah RFC (Request for Comments) 1939 dari tahun 1996.