Pengertian POP Mail dan Fungsinya

Pengertian POP Mail dan Fungsinya - Jika Anda menggunakan email, saya yakin Anda pernah mendengar seseorang membicarakan "akses POP" atau diberitahu untuk mengkonfigurasi "server POP" di klien email Anda. Sederhananya, POP (Post Office Protocol) digunakan untuk mengambil e-mail dari server surat.

Sebagian besar aplikasi e-mail menggunakan POP, dimana ada dua versi:

POP2, standar pada pertengahan 1980an, mewajibkan SMTP untuk mengirim pesan.
POP3, versi yang lebih baru bisa digunakan dengan atau tanpa SMTP. POP3 memungkinkan e-mail untuk didownload dari inbox server ke komputer Anda. Selain itu, email Anda tersedia bahkan saat Anda tidak terhubung ke server.

Pengertian Email, Fungsi Email, Jenis Email, Manfaat Email



Penting untuk dicatat bahwa IMAP, (Internet Message Access Protocol) menyediakan akses jarak jauh yang lebih lengkap ke email tradisional.

Di masa lalu, kurang Internet Service Provider (ISP) mendukung IMAP karena besarnya jumlah ruang penyimpanan yang dibutuhkan pada perangkat keras ISP. Saat ini, klien e-mail mendukung POP, namun juga menggunakan dukungan IMAP.

Tujuan Protokol Kantor Pos
Jika seseorang mengirimi Anda email, biasanya tidak bisa dikirim langsung ke komputer Anda. Pesannya harus disimpan di suatu tempat. Itu harus disimpan di tempat di mana Anda bisa mengambilnya dengan mudah. ISP Anda (Penyedia Layanan Internet) online 24 jam per hari tujuh hari dalam seminggu. Ini menerima pesan untuk Anda dan menyimpannya sampai Anda mendownloadnya.

Anggap saja alamat email anda adalah look@me.com. Karena server email ISP Anda menerima email dari internet, itu akan melihat setiap pesan, dan jika menemukan alamat yang ditujukan kepada look@me.com, pesan itu akan diajukan ke folder yang disediakan untuk surat Anda.

Folder ini adalah tempat pesan disimpan sampai Anda mengambilnya kembali.
Apa yang Protokol Post Office Memungkinkan Anda Lakukan?

Hal yang bisa dilakukan melalui POP meliputi:
Ambil surat dari ISP dan hapus di server.
Ambil surat dari ISP dan biarkan tetap di server.
Tanyakan apakah surat baru telah tiba.
Mengintip beberapa baris pesan untuk melihat apakah perlu diambil kembali.

Jika Anda meninggalkan semua surat Anda di server, itu akan menumpuk di sana dan akhirnya mengarah ke kotak surat penuh. Bila kotak surat Anda penuh, tidak ada yang bisa mengirim email kepada Anda.

0 komentar