Pengertian Layer MAC dan Fungsinya

Pengertian Layer MAC dan Fungsinya - Lapisan MAC adalah "Otak" WiFi. Versi pertama 802.11 (warisan 802.11 yang diterbitkan pada 1997), mendefinisikan lapisan MAC dengan memasukkan sejumlah fitur penting, seperti berbagi ucapan di antara pengguna, persyaratan koneksi jaringan, kontrol kesalahan atau keamanan.

Lapisan MAC juga mendefinisikan alamat jaringan: semua perangkat memiliki pengenal 48 bit (6 byte) yang dikenal sebagai "alamat MAC". Tiga byte pertama mengidentifikasi produsen peralatan jaringan.

Misalnya, dalam notasi heksadesimal, 00-00-0c sesuai dengan konstruktor Cisco, 00-04-23 sesuai dengan Intel Corporation, dll.

Tiga byte berikut menentukan pengenal yang dipilih oleh pabrikan, misalnya 8B-B5-0B. Alamat akan terlihat seperti misalnya: 00-04-23-8B-B5-0B. Setiap adapter jaringan (WLAN, Ethernet atau lainnya) oleh karena itu pada prinsipnya alamat MAC, seharusnya unik.

Seseorang dapat berkomunikasi dengan perangkat dengan mengirimkan paket pada jaringan, dalam alamat MAC-nya.

Protokol standar lainnya oleh IEEE, seperti Ethernet atau Token Ring, memiliki definisi alamat MAC yang sama. Baca juga: Pengertian MAC Address dan Fungsinya. Hal ini memungkinkan stasiun untuk berbagai jenis jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain: cukup untuk menghubungkan jaringan yang berbeda bersama dengan "jembatan" (jembatan).

Banyak aspek lapisan MAC WLAN terinspirasi langsung dari lapisan MAC Ethernet, seperti yang akan kita lihat, sampai-sampai beberapa merujuk WiFi sebagai "Wireless Ethernet".

0 komentar