Pengertian Klien Email dan Fungsinya

Pengertian Klien Email dan Fungsinya - Klien email adalah program komputer yang digunakan untuk membaca dan mengirim pesan elektronik.

Bagaimana Klien Email Berbeda dari Server Email?
Server email mengangkut dan menyimpan email secara terpusat, paling sering untuk lebih dari satu pengguna, terkadang jutaan.

Klien email, sebaliknya, adalah seperti yang dimiliki pengguna tunggal seperti Anda. Biasanya, klien akan mendownload pesan dari server untuk penggunaan lokal dan mengunggah pesan ke server agar dikirim ke penerima.

Baca juga: Pengertian Email, Fungsi Email, Jenis Jenis Email, Manfaat Email

Apa yang Dapat Saya Lakukan dengan Klien Email?
Klien email memungkinkan Anda membaca, mengatur dan membalas pesan serta mengirim email baru, tentu saja.

Untuk mengatur email, klien email biasanya menawarkan folder (setiap pesan dalam satu folder), label (di mana Anda dapat menerapkan beberapa label ke setiap pesan) atau keduanya. Mesin pencari memungkinkan Anda menemukan pesan melalui meta-data seperti pengirim, subjek atau waktu penerimaan serta, seringkali, konten teks lengkap email.

Selain teks email, klien email juga menangani lampiran, yang memungkinkan Anda menukar file komputer yang sewenang-wenang (seperti gambar, dokumen atau lembar penyebaran) melalui email.
Bagaimana Klien Email Berkomunikasi dengan Server Email?

Klien email dapat menggunakan sejumlah protokol untuk mengirim dan menerima email melalui server email.

Pesan disimpan baik secara lokal (biasanya saat POP (Post Office Protocol) digunakan untuk mendownload email dari server), atau email dan folder disinkronkan dengan server (biasanya bila protokol IMAP dan Exchange digunakan).

Dengan IMAP (Internet Message Access Protocol) dan Exchange, klien email yang mengakses akun yang sama melihat pesan dan folder yang sama, dan semua tindakan disinkronkan secara otomatis.

Untuk mengirim email, klien email menggunakan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) hampir secara eksklusif. (Dengan akun IMAP, pesan terkirim biasanya disalin ke folder "Terkirim", dan semua klien dapat mengaksesnya.)

Protokol email selain IMAP, POP dan SMTP tentu saja memungkinkan. Beberapa layanan email menawarkan API (application programming interfaces) untuk klien email untuk mengakses email di server mereka. Protokol ini mungkin menawarkan fitur tambahan seperti pengiriman tertunda atau menyisihkan email untuk sementara waktu.

Secara historis, X.400 merupakan protokol email alternatif penting yang digunakan terutama selama tahun 1990an. Kecanggihannya membuatnya cocok untuk penggunaan pemerintah dan bisnis namun lebih sulit diimplementasikan daripada email SMTP / POP.
Apakah Klien Email Browser Web

Dengan aplikasi berbasis web yang mengakses email di server, browser berubah menjadi klien email.

Jika Anda mengakses Gmail di Mozilla Firefox, misalnya, halaman Gmail di Mozilla Firefox bertindak sebagai klien email Anda; Ini memungkinkan Anda membaca, mengirim dan mengatur pesan.

Protokol yang digunakan untuk mengakses email, dalam hal ini adalah HTTP.

Bisakah Perangkat Lunak Otomatis Menjadi Klien Email?
Dalam satu pengertian teknis, setiap program perangkat lunak yang mengakses email di server yang menggunakan POP, IMAP atau protokol serupa adalah klien email.

Jadi, perangkat lunak yang secara otomatis menangani email masuk bisa disebut email client (meski tidak ada yang bisa melihat pesannya), terutama yang berkaitan dengan server email.

Apakah Klien Email yang Khas?
Klien email khas meliputi Microsoft Outlook , Mozilla Thunderbird , OS X Mail , IncrediMail , Mailbox dan IOS Mail .

Klien email penting secara historis termasuk Catatan Eudora , Pine , Lotus (dan IBM) , nmh dan Outlook Express .

0 komentar