Pengertian Arsitektur Jaringan dan Fungsinya

Pengertian Arsitektur Jaringan dan Fungsinya - Arsitektur Jaringan mendefinisikan produk dan layanan komunikasi, yang memastikan bahwa berbagai komponen dapat bekerja sama. Pada hari-hari awal sistem komunikasi data, mayoritas komunikasi antara DTE dan komputer host. Oleh karena itu, prosedur pengendalian transmisi saja cukup sebagai protokol komunikasi.

Namun, sistem komputer terbaru terhubung dengan sistem lain untuk membentuk jaringan yang menghasilkan situasi di mana berbagai protokol yang melayani berbagai tujuan diperlukan. Oleh karena itu, arsitektur jaringan merupakan sistemisasi berbagai jenis protokol yang dibutuhkan untuk membangun jaringan.


Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Macam Macam Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer


Produsen komputer telah mengembangkan protokol yang berbeda sesuai kebutuhan. Ini berarti setiap jenis komputer dibutuhkan untuk mendukung protokol yang berbeda. Hal ini memerlukan biaya pengembangan dan perawatan yang besar.

Semua produsen komputer, bekerja sama untuk membakukan dan mengatur protokol untuk menghubungkan model mereka dan mengurangi biaya pengembangan dan perawatan dengan demikian. Begitulah cara masing-masing pabrikan membangun arsitektur jaringan mereka sendiri.

Karena konsep arsitektur jaringan pertama kali diperkenalkan, menghubungkan komputer dari Produsen yang sama menjadi lebih mudah. Namun, dari perspektif pengguna, bentuk arsitektur jaringan yang ideal adalah yang memungkinkan semua produsen untuk terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, diperlukan adanya standarisasi arsitektur jaringan.

Arsitektur Jaringan oleh Vendor
Berikut adalah cara untuk mencapai hubungan antara produsen yang berbeda:

Protokol Converters Ini adalah perangkat yang menerjemahkan dari satu protokol asli ke protokol yang lain, misalnya dari ASCII ke IBM SNA / SDLC

Gateways Ini adalah kombinasi perangkat keras / perangkat lunak yang menghubungkan perangkat yang menjalankan protokol asli yang berbeda. Selain konversi protokol, gateway menyediakan koneksi gateway antara jaringan yang tidak kompatibel. Contohnya termasuk gateway Gear Ethernet-to-Token Ring, gerbang Relay X.25-to-Frame, dan T-carrier-to-E-Carrier International Gateway Facilities (IGFs).

Selain hal di atas, Protocol Analyzers tersedia sebagai alat diagnostik untuk menampilkan dan menganalisis protokol komunikasi. Analis memungkinkan teknisi, insinyur dan manajer untuk menguji kinerja jaringan untuk memastikan bahwa sistem dan jaringan berfungsi sesuai dengan spesifikasi.

Manajer LAN, baca juga: perbedaan jaringan lan dan internet misalnya, menggunakan analisa protokol untuk melakukan pemeliharaan jaringan dan pemecahan masalah dan untuk merencanakan upgrade dan perluasan jaringan.

0 komentar