Pengerian SRAM dan Fungsinya

Pengerian SRAM dan Fungsinya - Static Random Access Memory (SRAM) adalah jenis RAM yang digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik termasuk mainan, mobil, perangkat digital dan komputer. Ini hanya memegang isinya saat power diterapkan.

Jenis memori ini berbeda dengan RAM dinamis (DRAM) di DRAM tersebut yang harus menggunakan siklus refresh agar isinya tetap hidup. SRAM menyimpan data sebagai 'gambar' statis seperti yang ditunjukkan oleh namanya, sampai ditulis atau hilang dari powering down.


Baca juga: Pengertian RAM dan Fungsinya
Jenis Jenis RAM

SRAM lebih mahal, lebih cepat, dan lebih hemat daya daripada DRAM untuk sebagian besar penggunaan. Namun, struktur internalnya juga membuatnya kurang padat, dan karena itu calon yang kurang ideal untuk memori utama di dalam komputer pribadi.

Sebagai gantinya, SRAM digunakan untuk penggunaan kritis dan sekunder, seperti memori cache cepat untuk unit pemrosesan pusat (CPU). Cache CPU secara signifikan dapat meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan dengan tapak yang agak kecil dari memori khusus.

Pengertian CPU dan Fungsinya

Dibandingkan DRAM, SRAM lebih hemat daya saat menganggur. Namun, overclocking CPU bisa meniadakan keunggulan hemat daya ini. Overclocking menyebabkan CPU bekerja lebih cepat daripada spesifikasi yang dipasarkannya. Dalam kasus seperti ini, cache SRAM menghabiskan lebih sedikit waktu dalam mode siaga hemat daya.

SRAM juga hadir di banyak hard drive modern seperti disk cache. Cache disk digunakan untuk sementara menyimpan data yang sering diakses. Mengambil data dari cache berkali-kali lebih cepat daripada mengambilnya dari hard drive standar yang dirancang oleh piring.

Orang mungkin juga menemukan SRAM di router modem, printer, kamera digital, dan compact disk (CD) atau disk digital serbaguna (DVD) deck. Mainan dengan interface elektronik juga biasa menggunakan jenis memori ini.


Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya

RAM statis bisa sinkron, atau asinkron. Asynchronous SRAM tidak tergantung pada frekuensi clock CPU, sedangkan sinkronisasi sinkron dengan clock speed CPU.

SRAM dapat digabungkan menjadi satu dari dua jenis chip transistor: transistor junction bipolar, atau transistor efek medan semikonduktor oksida logam (MOFSET). Yang pertama membuat SRAM sangat cepat tapi juga menghabiskan banyak tenaga. Jenis transistor ini digunakan dalam aplikasi khusus. MOFSET adalah jenis memori yang lebih umum digunakan dalam berbagai aplikasi yang dibahas di sini.

Pengguna komputer seharusnya tidak membingungkan SRAM SDRAM, atau Synchronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM adalah rasa DRAM, dan fungsinya berbeda.

0 komentar