Perbedaan Web Hosting dan VPS Hosting

Perbedaan Web Hosting dan VPS Hosting - Bagi banyak orang yang tidak mampu menyediakan mesin khusus untuk meng-host situs kecil dan menengah, ada dua pilihan: Shared Web Hosting dan Virtual Private Server (VPS) Web Hosting. Keduanya meremas beberapa situs menjadi satu komputer, sehingga memungkinkan pemiliknya berbagi biaya hosting. 

Membandingkan keduanya, mudah untuk melihat bahwa shared web hosting umumnya lebih murah daripada VPS hosting. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pemburu barang murah pergi dengan shared hosting daripada VPS.

Perbedaan utama antara shared dan VPS hosting adalah bagaimana partisi perangkat keras komputer untuk masing-masing penghuni. Dengan shared hosting, semua host menempati sistem operasi yang sama seperti menjalankan beberapa program pada satu sistem operasi. Dengan VPS hosting, setiap pengguna memiliki sistem operasi sendiri yang berjalan hampir di perangkat keras. Setiap sistem operasi pengguna independen dari yang lain '. Itu berarti bahwa jika seseorang mogok atau di-restart, yang lain tidak terpengaruh.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

VPS menyediakan akses administratif dan root kepada pengguna, memberinya kemampuan untuk mengonfigurasi situsnya sesuai keinginannya. Akses administratif tidak ada dalam shared hosting, dan konfigurasi dilakukan melalui panel kontrol seperti Plesk atau CPanel. Shared hosting bagus untuk pemula karena panel kontrol adalah cara yang lebih mudah dalam melakukan sesuatu, meski jauh lebih tidak fleksibel.

Keamanan adalah aspek lain di mana VPS unggul atas shared hosting. Karena setiap pengguna benar-benar diisolasi dari pengguna lain, keamanan diterapkan secara terpisah. Dengan web hosting bersama, pengguna manapun hanya bisa mengunggah skrip dan menjalankannya. Hal ini dapat menyebabkan eksploitasi atau efek yang tidak diinginkan lainnya yang mempengaruhi semua pengguna di komputer itu.

Salah satu daya tarik utama shared hosting adalah keterbatasan mereka yang tampaknya luas pada sumber daya seperti ruang drive. Ini karena sumber daya dikumpulkan dan hanya batas 'lunak' yang dikenakan. Penyedia tahu bahwa banyak pengguna tidak akan menggunakan akun mereka secara maksimal, jadi mereka sangat sering menjual server mereka secara berlebihan. 

Dalam situasi di mana banyak penghuni menggunakan lebih dari yang diantisipasi operator, terjadi kekurangan. Ini tidak terjadi dengan VPS hosting karena setiap pengguna memiliki alokasi yang tidak bisa diakses oleh pengguna lain. Alokasi ini selalu tersedia bagi pengguna.

Ringkasan:
1. Shared Web Hosting lebih murah dari VPS Web Hosting
2. VPS Web Hosting menggunakan virtualisasi, sedangkan Shared Web Hosting tidak
3. VPS Web Hosting menyediakan akses administratif, sedangkan Shared Web Hosting tidak
4. VPS Web Hosting lebih aman dibanding Shared Web Hosting
5. VPS Web Hosting telah menetapkan alokasi, sedangkan Shared Web Hosting memiliki batasan 'soft'

0 komentar