Perbedaan Hardware Firewall dan Software Firewall

Perbedaan Hardware Firewall dan Software Firewall - Dalam komputasi, firewall mengacu pada sistem yang melindungi jaringan pribadi atau sistem komputer yang berdiri sendiri dari lalu lintas internet berbahaya, akses jarak jauh yang tidak sah atau jenis serangan apa pun. 
Pengertian Firewall dan Fungsinya

Firewall dapat digunakan untuk mengendalikan akses ke sistem tertentu dalam jaringan misalnya jaringan perusahaan bank, firewall dapat digunakan untuk membatasi akses ke sistem perbankan yang sensitif kepada karyawan tertentu.

Bergantung pada kebutuhan keamanan organisasi, lalu lintas disaring berdasarkan sekumpulan aturan keamanan. Jika misalnya sebuah paket data yang masuk ke jaringan ditandai oleh filter firewall karena memiliki pelanggaran pada aturan yang ditetapkan, maka akan ditolak masuk ke jaringan.

Metode melalui mana firewall dapat mengatur lalu lintas masuk dan keluar dari jaringan mencakup packet filtering, layanan proxy atau inspeksi stateful. Firewall bisa berupa firewall perangkat keras atau perangkat lunak. Idealnya, firewall harus terdiri dari keduanya.

Pengertian Proxy Server dan Fungsinya

Firewall perangkat keras biasanya dibangun di dalam infrastruktur router broadband dan merupakan bagian yang sangat penting dari penyiapan jaringan terutama pada koneksi broadband. Firewall perangkat keras bisa sangat efektif dengan konfigurasi minimal atau tidak dan dapat menjaga setiap mesin di jaringan lokal.

Menggunakan packet filtering untuk memeriksa header paket untuk rincian sumber dan tujuan, informasi mana yang kemudian dibandingkan dengan seperangkat aturan keamanan yang telah ditentukan sebelumnya. Paket akan diteruskan jika memenuhi peraturan atau sebaliknya.

Meskipun pengguna dengan beberapa pengetahuan komputer dapat terhubung ke firewall perangkat keras dan memilikinya bekerja dengan menyesuaikan beberapa pengaturan, ada beberapa fitur khusus firewall yang memerlukan beberapa keterampilan untuk dikonfigurasi secara optimal untuk keamanan.

Selain itu, firewall perangkat keras harus diuji untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi peraturan keamanan yang ditetapkan dan hal ini tidak dapat dilakukan oleh pengguna biasa manapun.

Firewall perangkat lunak hanyalah program perangkat lunak yang diinstal pada komputer untuk memfilter lalu lintas masuk dan keluar dari komputer itu. Mereka adalah pilihan firewall yang sangat populer terutama dengan pengguna rumahan dengan beberapa komputer rumah.

Firewall perangkat lunak pada dasarnya melindungi komputer dari ancaman umum seperti akses tidak sah ke komputer, worm email, Trojans umum dan bentuk perangkat lunak berbahaya lainnya. Sebagian besar firewall ini menyediakan kontrol yang ditentukan pengguna yang memungkinkan pembuatan file sharing aman dan juga periferal seperti printer atau pemindai dan mencekal aplikasi yang mencurigakan agar tidak berjalan di mesin.

Sebagai add-on, firewall perangkat lunak mungkin memiliki kontrol untuk pengaturan privasi dan penyaringan web. Kerugian utama firewall jenis ini adalah hanya melindungi mesin tertentu yang dipasangnya daripada keseluruhan jaringan, yang mengharuskan setiap komputer memasang firewall untuk memasangnya.

Ada berbagai firewall perangkat lunak yang dapat dipilih, tergantung pada kebutuhan keamanan Anda, namun firewall perangkat lunak yang baik adalah perangkat yang selalu berjalan di latar belakang sistem Anda saat menggunakan sumber daya yang terbatas.

Ringkasan
Firewall perangkat keras secara khusus dibangun di dalam perangkat keras seperti router sedangkan firewall perangkat lunak adalah program perangkat lunak yang diinstal pada komputer.

Firewall perangkat keras melindungi keseluruhan jaringan sementara firewall perangkat lunak melindungi komputer individual tempat mereka memasangnya.

Secara default, paket perangkat keras firewall menyaring paket web sementara firewall perangkat lunak tidak dapat memfilter paket web kecuali kontrol pemfilteran lalu lintas web diaktifkan.

Firewall perangkat keras dapat dikonfigurasi untuk menggunakan layanan proxy untuk menyaring paket sementara firewall perangkat lunak tidak menggunakan layanan proxy untuk menyaring paket.

0 komentar