Pengertian Router dan Jenisnya

Pengertian Router dan Jenisnya - Pertama kita pahami konsep koneksi broadband di jaringan komunikasi. Broadband adalah media transmisi berkecepatan tinggi berkecepatan tinggi. Hal ini dapat dilakukan pada satu kabel dengan membuat saluran bandwidth yang berbeda. Teknologi broadband dapat digunakan untuk mentransmisikan suara, data dan video jarak jauh secara bersamaan.

Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

Router menangkap informasi yang datang melalui koneksi broadband melalui modem dan mengirimkannya ke komputer Anda. Router memilih rute untuk paket sehingga Anda menerima informasi terlebih dahulu. Router adalah perangkat multiport dan lebih canggih dibandingkan dengan repeater dan jembatan. Router juga mendukung penyaringan dan enkapsulasi seperti jembatan. Mereka beroperasi di physical, data link dan network layer model OSI.

Seperti jembatan, mereka belajar mandiri, karena mereka dapat mengkomunikasikan keberadaan mereka ke perangkat lain dan dapat mengetahui keberadaan router, node, dan segmen LAN yang baru.

Router memiliki akses ke alamat lapisan jaringan atau alamat logis (alamat IP). Ini berisi tabel routing yang memungkinkannya membuat keputusan tentang rute tersebut yaitu untuk menentukan jalur beberapa kemungkinan antara sumber dan tujuan yang terbaik untuk transmisi tertentu. Tabel routing ini dinamis dan diperbarui menggunakan protokol routing.

Router menerima paket dari satu jaringan yang terhubung dan meneruskannya ke jaringan terhubung kedua. Namun, jika paket yang diterima berisi alamat simpul yang ada pada jaringan lain (yang bukan merupakan anggota router), router menentukan jaringan terkoneksi mana yang menjadi titik relay terbaik berikutnya untuk paket itu.

Setelah router mengidentifikasi rute terbaik untuk paket yang akan ditempuh, router akan melewati paket di sepanjang jaringan yang sesuai ke router lain. Router tersebut memeriksa alamat tujuan, menemukan apa yang dianggapnya sebagai rute terbaik untuk paket dan meneruskannya ke jaringan tujuan.

Jenis Router

Ada beberapa tipe router yang ada di pasaran.
Router broadband
Broadband router dapat melakukan berbagai jenis hal. Router broadband dapat digunakan untuk menghubungkan komputer atau terhubung ke Internet.

Jika Anda terhubung ke internet melalui telepon dan menggunakan teknologi Voice over IP (VOIP) maka Anda memerlukan router broadband. Ini sering merupakan jenis modem khusus (ADSL) yang memiliki jack Ethernet dan telepon.

Router nirkabel
Router nirkabel membuat sinyal nirkabel di rumah atau kantor Anda. Jadi, setiap PC dalam jangkauan router Wireless dapat menghubungkannya dan menggunakan Internet Anda.

Untuk mengamankan router Nirkabel Anda, Anda perlu memastikannya dengan kata sandi atau mendapatkan alamat IP Anda. Kemudian, Anda akan masuk ke router Anda dengan ID pengguna dan kata sandi yang akan disertakan dengan router Anda.

Jenis Router lainnya

Edge Router
Router jenis ini ditempatkan di tepi jaringan ISP, biasanya dikonfigurasikan ke protokol eksternal seperti BGP (protokol gateway Border) ke BGP lain dari ISP lain atau organisasi besar.

Subscriber Edge Router

Jenis router ini termasuk dalam organisasi pengguna akhir (enterprise). Ini dikonfigurasi untuk menyiarkan BGP eksternal ke provider miliknya (s)

Router Perbatasan Inter-provider

Router jenis ini adalah untuk ISP Interkoneksi, ini adalah router Berbicara BGP yang mempertahankan sesi BGP dengan router berbicara BGP lainnya di penyedia ASes lainnya.

Router Inti
Router yang berada di tengah atau tulang punggung jaringan LAN daripada di pinggirannya. Dalam beberapa kasus, router inti menyediakan stepdown backbone, menghubungkan router distribusi dari beberapa gedung kampus (LAN), atau Large Enterprise Location (WAN). Mereka cenderung dioptimalkan untuk brandwidth yang tinggi.

Baca juga: Pengertian Jaringan LAN MAN dan WAN

Router Wired dan Wireless
Rumah dan jaringan kantor kecil menjadi populer di siang hari dengan menggunakan router kabel dan nirkabel IP. Router nirkabel dan nirkabel mampu mempertahankan informasi routing dan konfigurasi di tabel routing mereka. Mereka juga menyediakan layanan penyaringan lalu lintas paket masuk dan keluar berdasarkan alamat IP.

Baca juga: Pengertian Wifi dan Fungsinya

Beberapa router nirkabel menggabungkan fungsi router dengan switch jaringan dan firewall.

0 komentar