Pengertian Repeater dan Jenisnya

Pengertian Repeater dan Jenisnya - Apa itu Repeater? Repeater dalam sinyal elektrik analog relay yang paling sederhana adalah mentransmisikan sinyal atau data lapisan fisik dan karenanya sesuai dengan lapisan bawah model OSI.

Repeater memperkuat sinyal, yang telah dilemahkan selama transmisi karena kondisi fisik yang dipaksakan oleh media transmisi. Ini juga mengembalikan sinyal ke bentuk aslinya. Karakteristik spesifik pengulang adalah bahwa apa pun yang diterimanya mentransmisikan ke segmen LAN lainnya.

Ini tidak mengerti format frame dan juga alamat fisik. Dengan kata lain, ini adalah alat yang transparan. Oleh karena itu, beberapa LAN yang dihubungkan oleh repeater dapat dianggap sebagai LAN tunggal.
Baca juga: Pengertian LAN MAN WAN

Umumnya ukuran maksimum Ethernet dianggap 500 meter. Ketika dua Ethernet dengan segmen ukuran maksimum dihubungkan bersama-sama menggunakan repeater akan membuat panjang total menjadi 1000meters.

Dengan cara yang sama dua repeater menghubungkan tiga segmen sekaligus dan mentransmisikan sinyal dari satu ujung ke ujung lainnya. Artinya, sinyal bisa menempuh jarak hingga 3000 meter.

Mungkinkah memperpanjang panjang LAN dengan cara ini sampai batas yang sewenang-wenang? Jawabannya adalah tidak. Ethernet mengikuti mekanisme akses CSMA / CD untuk transmisi sinyal yang berhasil yang didasarkan pada penundaan yang rendah.

Dengan memperpanjang panjang Ethernet melampaui batas tertentu akan sangat menghambat waktu tunda mekanisme CSMA / CD .

Hal ini menunjukkan bahwa empat repeater maksimum digunakan untuk memperluas segmen Ethernet menjadi satu jaringan Ethernet. Namun, koneksi antara dua segmen dapat diperpanjang dalam jarak jauh dengan menggunakan modem serat. Ini dikenal dengan Fiber Optic Intra Repeater Link (FOIRL).

Dua Segmen LAN yang Terhubung oleh Repeater
Kerugian utama yang terkait dengan repeater adalah sifat transparan mereka karena sinyal yang diterima pada satu segmen benar-benar dikirim ke segmen lainnya.

Repeater tidak mengerti bahasa frame dan oleh karena itu, tidak bisa membedakan antara noise dan signal. Saat tabrakan terjadi pada satu segmen, sama dengan noise yang dihasilkan tabrakan direproduksi di segmen lain oleh pengulang.

Baca juga: Pengertian Wifi dan Fungsinya


Klasifikasi Repeater

Repeater dapat dikelompokkan menjadi dua kategori. Ini adalah repeater lokal dan remote. Repeater lokal digunakan untuk menghubungkan segmen LAN yang dipisahkan oleh jarak yang sangat kecil.

Remote repeater digunakan untuk menghubungkan segmen LAN yang jauh dari satu sama lain. Saluran transmisi yang dikenal sebagai segmen link disediakan antara dua repeater jarak jauh. Tidak ada simpul yang bisa dihubungkan ke baris ini.

0 komentar