Pengertian Protokol Internet dan Fungsinya

Pengertian Protokol Internet dan Fungsinya - Protokol adalah serangkaian instruksi untuk melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan komputer tertentu dan dalam hal ini, protokol internet melakukan pengiriman pesan, prosedur otentikasi, dll. Jadi, dapat dikatakan bahwa tanpa protokol internet, kita tidak dapat membayangkan transfer pesan global kita atau aktivitas terkait internet lainnya.

Beberapa protokol Internet yang banyak digunakan adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Transport Layer Security (TLS), Secured Socket Layer (SSL), Protokol Point to Point (PPP), Protokol Kontrol Transfer (TCP ), Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), dll. Di antara protokol tersebut, TLS dan SSL melakukan enkripsi data dan otentikasi server.

SSL dari Netscape dan versi pertamanya SSL v1.0 sama sekali tidak dirilis. Jadi kita sudah menggunakan SSL v2.0 sejak diluncurkan pada tahun 1995. Setahun kemudian, digantikan oleh versi SSL v3.0 berikutnya. Kemudian pada tahun 1996, TLS diperkenalkan sebagai versi perbaikan dari SSL v3.0.

Anda mungkin mempertanyakan mengapa tidak disebut dengan SSL v4.0? Pertanyaan yang masuk akal untuk orang biasa tapi ketika kita memikirkan dari perspektif teknis, TLS bukan hanya peningkatan SSL v3.0 namun jauh lebih banyak.

SSL adalah pendahulu TLS dan kita bahkan bisa menerimanya seperti yang terakhir adalah versi perbaikan dari protokol sebelumnya. Bahkan dengan TLS, kita bisa menemukan banyak versi seperti TLS v1.1 dan v 1.2. Hal yang sama berlaku untuk SSL juga dengan versi SSL v3.0. Seperti perangkat lunak lainnya, versi berikutnya adalah bentuk yang disempurnakan sebelumnya untuk membantu penggunanya dengan cara yang lebih baik.
 
Kita telah membahas bahwa TLS adalah penerusnya dan oleh karena itu logis untuk mengatakan bahwa itu lebih aman. SSL rentan terhadap POODLE dan masalah lainnya yang tidak akan kita hadapi dengan penggunaan TLS. Serangan POODLE adalah sesuatu seperti mengekstrak informasi bahkan dari pesan terenkripsi dan dengan demikian membatalkan tujuan enkripsi.

Dengan cara yang sama, SSL v3.0 rentan terhadap serangan BEAST dan oleh karena itu ini bukanlah pilihan yang baik saat keamanan masuk ke dalam gambar. Serangan BEAST memungkinkan penyadap untuk mendapatkan kontrol atas akun Anda dengan situs web tertentu dan serangan ini mungkin dilakukan dengan TLS v1.0. Oleh karena itu, adalah ide yang lebih baik untuk menerapkan TLS v2.0 agar lebih aman dari intrusi tersebut.

Anda mungkin diminta untuk memilih enkripsi protokol internet pada berbagai keadaan seperti saat Anda mengkonfigurasi server Anda atau saat Anda menyiapkan mesin klien kami. Pada titik ini, Anda mungkin berpikir bahwa TLS lebih unggul dari SSL dalam hal keamanan dan ini adalah penerus SSL. Karena itu, kebanyakan dari kita akan terus maju dan memilih TLS.
Untuk itu, saya sarankan anda untuk menunggu dan lanjutkan baca dibawah ini. Sementara Anda memilih protokol internet Anda seharusnya tidak hanya melihat & membandingkan pada protokol terbaru namun juga versi terbarunya.

Ya, hanya berpikir bahwa server hanya mendukung TLS v1.0 dan tidak mendukung SSL v3.0 dan tidak ada gunanya Anda memilih TLS untuk tujuan keamanan! Karena TLS v1.0 rentan terhadap serangan POODLE dan BEAST, sebaiknya pilih SSL v3.0 di sini.

Kita bahkan bisa berpendapat bahwa bahkan SSL v3.0 juga memungkinkan POODLE tapi ketika kita membandingkan keduanya, SSL v3.0 adalah pilihan yang lebih baik di sini.
 
Karena SSL rentan terhadap banyak serangan penipuan online, IETF telah menolak penggunaan SSL v2.0 dan v3.0 untuk alasan keamanan. Itulah sebabnya terkadang kami menghadapi masalah saat menggunakan server yang hanya mendukung sertifikat TLS.

Baca juga: Pengertian Modem DSL dan Fungsinya
Sertifikat ini khusus untuk setiap versi protokol dan sertifikat satu versi protokol tidak dapat digunakan dengan yang lain. Misalnya, saat komputer Anda beroperasi dengan SSL v3.0 dan sertifikat yang dikeluarkan oleh server adalah TLS, Anda tidak dapat menggunakannya dalam komunikasi Anda. Ini berarti Anda tidak berhasil membuat komunikasi dengan server Anda. Kesalahan seperti itu bisa diatasi dengan hanya menonaktifkan versi SSL.

0 komentar