Perbedaan Jaringan LAN dan Internet

Perbedaan Jaringan LAN dan Internet - Jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan pribadi yang menghubungkan komputer di satu lokasi, seperti di kantor atau sekolah. Membangun sebuah jaringan LAN dapat memungkinkan file, perangkat lunak dan perangkat seperti printer dan mesin fax harus dibagi antara pengguna LAN. Berdeda dengan Internet, adalah barang publik global, Wide Area Network (WAN) yang menghubungkan jutaan jaringan kecil dengan lebih dari satu miliar komputer yang terhubung pada waktu tertentu. Perbedaan paling mendasar antara aringan LAN dan Internet adalah bahwa LAN bersifat pribadi dan lokal, sementara Internet bersifat umum dan dapat di akses oleh manusia di seluruh dunia.

Jaringan ini dapat memfasilitasi berbagi file dan sumber daya dengan menghubungkan komputer bersama melalui perangkat sentral yang dikenal sebagai router. Router bertindak sebagai perantara, mengarahkan lalu lintas data pada LAN. Komputer dapat dihubungkan ke router menggunakan kabel Ethernet, atau router dapat berkomunikasi secara nirkabel menggunakan gelombang radio. Jika anda belum memahami apa itu router, silahkan baca pada artikel pengertian router dan fungsinya.

Persamaan antara LAN dan Internet adalah bahwa keduanya sama-sama menggunakan router untuk rute lalu lintas. Router Internet mengarahkan lalu lintas di Internet, dan LAN router mengarahkan lalu lintas pada LAN.

Akses internet juga adalah pilihan yang dapat dimasukkan ke dalam LAN, jika diinginkan. Pusat modem terhubung atau diintegrasikan ke dalam router, menyediakan pintu gerbang antara LAN dan Internet. Firewall biasanya hadir di pintu gerbang untuk bertindak sebagai katup satu-arah, menjaga lalu lintas umum yang tidak diinginkan dari mengakses jaringanLAN. Firewall hanya memungkinkan data mengalir melalui yang telah secara khusus meminta dari komputer pada LAN.

Agak paradoks, ada situasi di mana sebuah LAN adalah setup untuk tujuan tunggal memberikan akses Internet. Hal ini berguna untuk sebuah rumah yang memiliki dua atau lebih komputer tetapi hanya ingin berbagi Internet account dan tidak lebih. Sangat mudah untuk melihat bagaimana menggunakan jaringan LAN untuk tujuan ini bisa mengakibatkan asumsi yang salah bahwa LAN dan Internet adalah hal yang sama.

Kota yang menyediakan akses umum nirkabel gratis ke Internet melakukannya melalui LAN, teknis dikenal sebagai Metropolitan Area Network (MAN). Campus Area Network (CAN) adalah sebuah LAN yang telah diperluas untuk mencakup Taman kampus, umumnya menyediakan sumber daya lokal akses ke Internet. Jaringan ini lebih besar adalah variasi pada LAN, meskipun masih lokal.

Mengekspos LAN ke Internet membuat risiko keamanan. Hacker mungkin menemukan jalan sekitar firewall, dan pengguna LAN mungkin tanpa sadar men-download file yang mengandung virus, Trojan, spybots, keyloggers atau program berbahaya lainnya. Setelah satu komputer pada LAN menjadi terinfeksi, infeksi dapat melakukan perjalanan dengan cepat seluruh seluruh LAN. Akses internet mungkin juga berfungsi sebagai pengalih perhatian untuk karyawan yang tidak memerlukan itu. Baca juga: Pengertian LAN dan Contohnya

Karena LAN begitu sering digunakan sebagai pintu gerbang ke Internet, sangat mudah untuk memikirkan LAN dan Internet sebagai sinonim. LAN tidak memerlukan akses Internet, namun, dan tujuannya sendiri dapat mentransfer file dengan mudah antara komputer yang terletak dekat, relatif dekat dengan satu sama lain, atau untuk berbagi printer, mesin fax atau hardware lainnya.

0 komentar