Pengertian WLAN dan Fungsinya

Pengertian WLAN dan Fungsinya - Wireless local area network (LAN nirkabel atau WLAN) terdiri dari dua atau lebih komputer yang berkomunikasi secara nirkabel melalui gelombang radio. Ini adalah kontras ke kabel LAN, di mana setiap komputer di jaringan fisik diikat dengan kabel Ethernet untuk server jaringan switch atau hub.

Struktur dasar dari semua jaringan terdiri dari komputer utama atau server, bersama dengan mesin terhubung yang dikenal sebagai klien. Server biasanya memiliki dua antarmuka jaringan Ethernet kartu (nic) diinstal dan perangkat lunak yang dapat mendukung jaringan. Sistem operasi Microsoft Windows memiliki fitur built-in kemampuan jaringan sejak Windows 98 Special Edition (SE), tetapi pihak ketiga jaringan perangkat lunak ini juga tersedia. Dalam kasus LAN nirkabel rumah sederhana, desktop mungkin server sementara laptop bisa klien. Baca juga: Pengertian sistem operasi

Mari kita asumsikan bahwa desktop memiliki koneksi digital subscriber line (DSL) Layanan Internet berkecepatan tinggi. Untuk berbagi koneksi Internet melalui LAN nirkabel, desktop akan secara fisik terhubung ke modem DSL nirkabel. Modem DSL nirkabel juga mungkin memiliki built-in jaringan switch atau router. Kedua perangkat menyimpan data yang mengalir ke mesin tepat pada jaringan. Jika mereka tidak dibangun ke modem, mereka harus dibeli secara terpisah. Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya

Sambungan dari desktop server modem DSL, switch dan router dibuat dengan fisik kabel Ethernet. Klien, bagaimanapun, tidak memerlukan kabel. Sebaliknya, setiap mesin harus NIC nirkabel yang diinstal. Ini mungkin PCMCIA NIC, perangkat USB, atau bahkan internal NIC. nirkabel Banyak, tapi tidak semua, nirkabel nic fitur sebuah antena yang kecil.

Setelah LAN nirkabel telah diatur pada server dan klien, Mesin dapat berkomunikasi dengan mengirim dan menerima data melalui gelombang radio. Hal ini membuat jaringan nirkabel sangat nyaman karena klien dapat tetap bergerak di mana saja dalam jangkauan jaringan penyiaran. Satu bisa bekerja pada laptop di ruangan manapun di rumah--bahkan halaman belakang di kebanyakan kasus--dan masih berbagi koneksi jaringan dari server.

Di kantor, LAN nirkabel menyediakan konektivitas instan ke mobile personil. Juga menghindari biaya mahal menjalankan kabel Ethernet seluruh bangunan, menyediakan konektivitas desktop yang mudah, usaha antara klien. Karena ada tidak ada kabel berjalan kepada klien, salah satu keuntungan utama dari jaringan nirkabel yang mudah instalasi. LAN nirkabel juga menyediakan lebih banyak fleksibilitas daripada kabel LAN dan kurang mahal.

Dua kerugian dari LAN nirkabel adalah bahwa hal itu memerlukan beberapa langkah untuk mengamankan intrusi; dan ini bisa menjadi lebih lambat dan, jika gangguan hadir, kurang dapat diandalkan dibandingkan jaringan kabel. Namun, kecepatan ketergantungan selalu meningkatkan sebagai meningkatkan teknologi. Beberapa konfigurasi LAN nirkabel dapat bersaing dengan jaringan kabel.

Standar teknologi nirkabel ditunjukkan oleh Surat sebutan. Nirkabel "g" standar memberikan kecepatan 54 megabit per detik (mbps). Dengan ditambah teknologi seperti varietas terbaru multiple input multiple output (MIMO), harga dapat mencapai 100 mbps. Ini adalah tentang kecepatan rata-rata koneksi DSL dan terprogram jaringan. Standar LAN nirkabel sebelumnya "" dan "b" adalah teknologi yang lebih lambat.

0 komentar