Pengertian Wireless Modem dan Fungsinya

Pengertian Wireless Modem dan Fungsinya - Wireless Modem adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan komputer untuk menyambung ke jaringan area lokal nirkabel (WLAN) tanpa kabel fisik seperti kabel ethernet. Wireless Modem menggunakan selular, satelit atau WiFi protokol untuk menyambung ke WLAN, yang kemudian dapat memberikan layanan Internet. Ini berbeda dari modem dial-up dan modem DSL yang menggunakan saluran telepon untuk menyambung ke Internet, sementara modem kabel menggunakan kabel TV baris untuk konektivitas.

Untuk aplikasi mobile, kartu modem nirkabel PCMCIA di laptop dapat memberikan akses ke Internet melalui "hotspot." Ini merupakan wilayah geografis yang mana WLAN memungkinkan akses Internet umum melalui jenis modem. Dalam beberapa kasus biaya keanggotaan sangat kecil diperlukan, sementara hotspot lain gratis. Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya

Berbagai jaringan nirkabel menggunakan protokol proprietary, dan wireless modem bersertifikat sebagai kompatibel dengan architecture(s) tertentu. Beberapa protokol, seperti CDPD (Verizon), GPRS dan EDGE (AT&T dan Cingular), bahkan lebih lambat daripada dialup; Sementara selular UMTS (AT&T) dan 1xRTT jaringan nirkabel (Verizon) dapat beroperasi pada sekitar 300 kilobit per detik (kbs). Rasa selular baru yang ditawarkan oleh Verizon dan Sprint, EVDO, mengiklankan kecepatan 400-700 kbs, menyaingi Paket broadband. Masa depan teknologi termasuk Cingular's HSDPA dan Verizon's EVDV menjanjikan kecepatan yang lebih besar.

Jaringan untuk seluler wireless modem adalah WiFi (Wireless fidelity), yang dapat beroperasi di 400 kbps. WiFi digunakan dalam banyak kafe Internet dan hotspot. WiFiMax adalah standar baru yang menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan lebih banyak fitur.

Karena wireless modem bersertifikat sebagai kompatibel dengan standar tertentu dan protokol, Anda harus yakin modem Anda membeli memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk jaringan Anda ingin menyambung ke.

Adalah ciri-ciri umum untuk mencari di wireless modem:

Kecepatan modem.
Protocol(s) yang didukung: Ethernet, CPCD, GPRS, ISDN, EVDO, WiFi, dan sebagainya.
Frekuensi band: 900mhz, 2.4 GHz, 5 HHz, 23 GHz, VHF dan UHF.
Radio teknik: langsung urutan menyebar spektrum, atau frekuensi hopping.
Jumlah saluran untuk transmisi dan menerima.
Kekuatan sinyal maksimum.
Kemampuan penuh duplex vs half-duplex (full duplex izin simultan transmisi/menerima transfer data yang lebih cepat).

DSL atau kabel akses Internet di rumah atau kantor Anda dapat juga mengatur dengan modem broadband nirkabel. Dalam hal ini semua komputer di rumah tangga dapat berkomunikasi dengan broadband modem melalui jaringan nirkabel adapter kartu, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk kabel fisik antara setiap desktop/laptop dan modem. Kartu jaringan nirkabel, yang dapat menjadi PCMCIA atau adapter eksternal yang menggunakan USB port, harus menjadi produsen yang sama sebagai wireless modem/router, atau dengan jelas menyatakan mereka kompatibel dengan tersebut.

0 komentar