Pengertian Modem GPRS dan Fungsinya

Pengertian Modem GPRS dan Fungsinya - Modem berasal dari kata modulasi demodulator. Modem merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan kebanyakan komputer untuk mengirim data ke jaringan yang berbeda, seperti ponsel atau komputer lain. Modem GPRS atau General packet radio service adalah sistem global untuk komunikasi selular (GSM) yang juga mendukung transmisi data nirkabel menggunakan teknologi pelaporan melalui GPRS.

GSM modem umumnya menggunakan sirkuit-beralih jenis teknologi transmisi data, sementara GPRS modem memanfaatkan packet-switched teknologi untuk melakukan tugas yang sama. Ini sering mengakibatkan lebih cepat transmisi data melalui sambungan GPRS ketika menggunakan modem.

Ponsel GRPS dapat bertindak sebagai modem GPRS sekaligus dapat menghubungkan laptop atau komputer desktop ke jaringan atau Internet. Untuk menggunakan laptop atau komputer desktop agar dapat mengirim atau menerima layanan pesan singkat (SMS) atau pesan multimedia messaging service (MMS) melalui jaringan GPRS, maka harus menggunakan modem GPRS.

Biasanya ini merupakan cara yang lebih baik untuk menghubungkan ke Internet menggunakan koneksi mobile dan nirkabel dari GSM modem. Hal ini tentu akan membuat lebih cepat dan lebih efisien dalam hal bandwidth dan sambungan waktu. Baca juga: Cara instal modem di laptop

Fungsi dasar dari Modem GPRS termasuk komunikasi data nirkabel dan integrasi dengan beberapa aplikasi yang memerlukan koneksi universal serial bus (USB). Antara ponsel GPRS dan modem GPRS berdiri sendiri, hal ini lebih baik untuk menggunakan modem ini dalam transmisi data.

Dalam hal mengirim dan menerima SMS atau MMS, ada diabaikan perbedaan antara kedua perangkat. Mereka berdua menggunakan tingkat yang sama dan kecepatan yang sama dalam transmisi pesan.

Modem GPRS biasanya datang dalam bentuk perangkat USB eksternal, beberapa di antaranya termasuk antena eksternal yang bergerak. Perangkat USB eksternal ini dapat serupa dalam bentuk dan ukuran sebagai mouse komputer atau paling eksternal USB drive.

Mereka juga datang dalam bentuk kartu, biasanya digunakan untuk laptop. Jenis modem GPRS juga biasanya olahraga antena yang dapat manuver untuk mendapatkan koneksi kekuatan dan integritas sinyal wireless maksimum.

Cara Screenshot

Menggunakan Modem GPRS memungkinkan pengguna mengakses beberapa jenis layanan online karena kemampuannya untuk mendukung beberapa protokol. Protokol-protokol ini termasuk protokol Internet dan koneksi X.25, di antara banyak lainnya.

Protokol internet (IP) adalah metode yang digunakan dalam Internet dalam pengiriman data dari satu komputer ke yang lain. Sambungan X.25, populer digunakan pada tahun 1980an, memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan seperti portal pembayaran nirkabel atau terminal.

0 komentar