Pengertian Modem Eksternal dan Fungsinya

Pengertian Modem Eksternal dan Fungsinya - Modem adalah perangkat komunikasi yang memanfaatkan komputer untuk terhubung ke jaringan publik seperti Internet. Modem yang tertanam di dalam komputer disebut modem internal, sementara modem yang berada di luar disebut modem eksternal. Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya
 
Jenis modem yang Anda perlukan tergantung pada jenis layanan akses Internet yang Anda inginkan. Ada dua kategori Umum: layanan dial-up, dan layanan broadband berkecepatan tinggi.

Dial-Up (Internal dan eksternal modem)
Secara tradisional, internal modem adalah modem dial-up yang terhubung ke Internet service provider (ISP) menggunakan sinyal analog melalui saluran telepon. Karena telepon juga menggunakan sinyal analog, telepon dan modem tidak dapat berbagi baris secara bersamaan. Dial-up memang lambat, namun dial-up adalah cara yang paling murah untuk terhubung ke Internet.

Modem dial-up yang akan dinilai pada laju transfer / 56 kbps (Kilobyte per detik), seperti twins internal. Mereka sangat berguna ketika ada slot internal tidak tersedia, atau jika modem perlu dibagi antara komputer yang tidak jaringan. Dalam kasus ini, modem eksternal yang terhubung ke sistem desktop dapat dengan mudah terputus dan terhubung ke desktop yang berbeda, atau bahkan laptop.

Modem untuk layanan dial-up tidak mahal dan tersedia di mana-mana komputer yang dijual. Mereka mudah untuk setup, datang dengan petunjuk, dan paling termasuk kemampuan Faks di tingkat perangkat lunak. Versi terbaru dari sebagian besar sistem operasi mengenali dan beban driver untuk modem dial-up, yang mana adalah perangkat plug-and-play.

Kecepatan tinggi Broadband modem
Modem saat ini adalah bukan modem dial-up, tetapi modem broadband. Mereka dirancang untuk layanan broadband menyediakan berbagai jenis koneksi Internet yang sangat cepat, digunakan dengan ISP berkecepatan tinggi. Broadband modem biasanya memiliki kecepatan transfer dari 1,5 - 8 mbps (megabyte per detik), atau lebih tinggi. Baca juga: Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

DSL, FiOS, kabel dan satelit adalah rasa yang berbeda dari Internet berkecepatan tinggi. Biasanya ISP menjual akses Internet broadband akan memberikan pelanggan mereka dengan modem pra-dikonfigurasi untuk digunakan dengan layanan ini. Tergantung pada persyaratan kontrak, modem mungkin Disewa dengan biaya bulanan yang kecil, atau disediakan gratis untuk menggunakan untuk durasi kontrak klien. Modem berkecepatan tinggi biasanya tidak internal.

Modem broadband dapat ditransfer, atau nirkabel. Jika nirkabel, adaptor jaringan nirkabel harus diinstal pada setiap komputer yang akan berkomunikasi dengan modem. Adapter tersebut dapat PCMCIA, atau perangkat eksternal yang melampirkan ke komputer melalui USB port.

Modem DSL menggunakan telepon untuk mengirimkan sinyal digital daripada sinyal analog. Akibatnya, Anda dapat menggunakan telepon saat menggunakan layanan DSL. Hal ini juga berlaku Layanan FiOS, yang menggunakan serat optik baris tempat saluran telepon standar tembaga. Modem digunakan untuk kabel berkecepatan tinggi layanan tidak akan menggunakan telepon, tapi agak garis TV kabel. Perusahaan kabel lokal menyediakan kabel Internet Layanan, jika tersedia.

0 komentar