Pengertian Modem DSL dan Fungsinya

Pengertian Modem DSL dan Fungsinya - Modem DSL atau Digital subscriber line adalah jenis perangkat keras komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet. Modem DSL dapat menyediakan untuk akses Internet yang sangat cepat, seperti yang dirancang untuk digunakan dengan kecepatan tinggi koneksi DSL.

Koneksi DSL dianggap lebih cepat daripada koneksi Internet dial-up. Selain kecepatan lebih cepat, Layanan DSL memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon sambil mengakses Internet.

Sebuah Modem DSL juga disebut sebagai modem asimetris (ADSL), menyediakan layanan yang mirip, kecuali dalam hal kecepatan. Namun, ada beberapa perbedaan utama dalam setup dan teknologi dari modem DSL.

Sebagai contoh, modem dial-up sering dipasang di dalam terminal komputer. Sebaliknya, sebuah DSL modem biasanya eksternal dan menghubungkan ke komputer melalui port USB atau Ethernet. Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya
Pengertian Modem DSL dan Fungsinya
Pengertian Modem DSL dan Fungsinya

Ada juga modem DSL yang menggunakan USB atau Ethernet port. Meskipun sebuah modem DSL mampu bekerja dengan port universal serial bus (USB), kebanyakan ahli merekomendasikan menggunakan Ethernet port. Dikatakan bahwa hubungan akan jauh lebih baik bila menggunakan Ethernet port digunakan.

Modem Ethernet DSL dapat digunakan oleh pengguna memiliki satu komputer atau jaringan PC. Sebuah router dapat digunakan untuk memungkinkan lebih dari satu komputer untuk menikmati koneksi Internet yang sama.

Sebaliknya, USB modem yang direkomendasikan untuk digunakan dengan hanya pada satu komputer. Biasanya, modem terhubung melalui USB port tidak dapat mendukung router.

Modem DSL dapat dibeli dari toko elektronik, komputer dan department store. Modem DSL tersedia secara online dari berbagai perusahaan, serta Penjual swasta. Sering kali, Modem DSL dijual dengan kabel, power supply, dan filter dalam satu paket.

Cara Instal Modem

Penyaring yang disertakan dengan DSL modem disebut low-pass filter. Mereka digunakan untuk menjaga data sinyal dari menyebabkan gangguan dengan panggilan telepon biasa.

Sering sekali perusahaan yang menyediakan layanan DSL menawarkan modem DSL secara gratis. Namun sebagai syarat untuk menerima modem DSL secara gratis, pelanggan harus menandatangani kontak setuju untuk membayar untuk Layanan Internet perusahaan untuk jumlah waktu tertentu. Dalam kasus lain, DSL modem yang dibeli langsung dari penyedia layanan. Beberapa perusahaan menawarkan modem untuk menyewa.

0 komentar