Pengertian LAN Driver dan Fungsinya

Pengertian LAN Driver dan Fungsinya - LAN (Local Area Network) driver adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan komputer lain. Ketika mengacu pada driver diinstal pada sebuah server jaringan, LAN driver dapat juga disebut driver jaringan. LAN driver digunakan untuk mentransfer data ke dan dari komputer di LAN.

Driver ini datang dalam berbagai jenis, dan mereka dapat diinstal pada komputer pengguna atau pada server bersama. Perangkat keras jaringan, yang mungkin perlu LAN driver untuk fungsi, termasuk jaringan router, modem, network card atau kartu adapter.

Jaringan area lokal adalah sekelompok komputer yang terhubung melalui link data bersama. Sering ditemukan di rumah atau kantor, LAN kelompok yang biasanya terhubung komputer atau server yang berada di lokasi geografis umum yang sama. Setiap komputer yang terhubung ke router adalah bagian dari jaringan area lokal.

Pengertian Jaringan Komputer

Perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal dapat dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN, umumnya kategori empat (CAT-4) atau lima kategori kabel (CAT-5), atau tanpa kabel yang menggunakan jaringan nirkabel perangkat seperti router nirkabel.

Berbagai jenis teknologi jaringan yang digunakan untuk mentransfer data di antara perangkat yang paling umum adalah ethernet dan jaringan nirkabel, yang sering disebut WLAN (Wireless Local Area Network).

Modem ini digunakan untuk menghubungkan jaringan ke Internet menggunakan kabel, DSL (digital subscriber line), atau satelit koneksi Internet. Sebuah router menghubungkan beberapa komputer, memungkinkan mereka untuk pertukaran data. Router yang sering terhubung ke modem, berbagi koneksi Internet antara komputer yang terhubung ke router.

Kartu jaringan dipasang di komputer pengguna untuk memungkinkan untuk berkomunikasi dengan perangkat jaringan lain seperti modem, server, dan komputer lain. Adapter plug ke komputer melalui universal serial bus (USB) atau Firewire™ plug beradaptasi komputer tanpa kartu jaringan untuk menerima koneksi jaringan. Jenis LAN driver yang digunakan di server bersama mencakup driver asli, io-net driver dan porting NetBSD driver. Pengertian Modem dan Fungsinya

Ketika masalah menyerang jaringan dan restart perangkat keras jaringan tidak membantu, langkah pemecahan masalah berikutnya adalah sering untuk menginstal atau memperbarui driver untuk perangkat keras jaringan. Hilang, rusak atau rusak driver perangkat lunak dapat menyebabkan sambungan jaringan ke sebentar-sebentar drop atau pergi keluar sama sekali.

Kebanyakan produsen termasuk compact disc dengan LAN driver yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras jaringan mereka. Pembaruan perangkat lunak atau driver LAN biasanya tersedia untuk di-download di website pabrik perangkat keras, sering ditemukan pada "download," "Dukungan," atau "Pemecahan masalah" bagian dari situs web.

0 komentar