Macam macam Sistem Operasi Mobile (Ponsel)

Macam macam Sistem Operasi Mobile (Ponsel) - Secara umum, meskipun, ruang mobile didominasi oleh dua kategori utama. Merek spesifik sistem seperti BlackBerry OS, Windows Mobile, dan iOS Apple® ini bekerja hanya pada perangkat yang dibuat untuk dan dimiliki oleh pencipta sistem, atau pada perangkat yang telah secara khusus diizinkan untuk menjalankan sistem. Sumber platform terbuka seperti Symbian dan Linux, di sisi lain, cenderung jauh lebih bebas dan lebih fleksibel. Baca juga: Pengertian sistem operasi

Macam macam Sistem Operasi Mobile (Ponsel)
Macam macam Sistem Operasi Mobile (Ponsel)


BlackBerry®
Proprietary BlackBerry OS adalah salah satu jenis pertama sistem operasi ponsel, dan merupakan satu-satunya sistem yang akan bekerja pada perangkat BlackBerry. Meskipun telah disesuaikan untuk menyertakan beberapa media dan fitur hiburan, ia dirancang terutama untuk aplikasi bisnis. Pesan, e-mail, dan alat komunikasi cenderung kekuatan sistem ini, dan sering digambarkan sebagai fungsional lebih dari pribadi atau penampilan.

iOS
Apple® juga menggunakan sistem operasi yang unik, yang dikenal sebagai iOS, pada perangkat yang termasuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Sistem ini dirancang dan dilaksanakan oleh mantan presiden perusahaan dan CEO, Steve Jobs. Hal ini sepenuhnya sumber tertutup, dan Apple® bertindak sebagai pembuat keputusan akhir ketika datang ke jenis platform perangkat lunak akan dan tidak akan mendukung. Sebagian besar aplikasi mobile, atau “aplikasi,” pada awalnya dirancang untuk sistem iOS, meskipun, dan pemilik produk Apple® sering memiliki beberapa pilihan yang paling kuat ketika datang ke download dibayar dan add-ons.

Windows Mobile
Windows Mobile, juga dikenal sebagai Windows Phone®, adalah versi ponsel dari inti sistem operasi Microsoft® ini. Hal ini mudah kompatibel dengan banyak program Windows seperti Microsoft Office ®, dan sebagai hasilnya itu adalah pilihan populer bagi pebisnis. Windows Mobile pada awalnya dirancang untuk lini Microsoft® ini dari Pocket PC sebelum diadaptasi untuk digunakan dalam ponsel. Jenis sistem operasi

Sistem operasi Microsoft® biasanya dilihat sebagai salah satu yang paling fleksibel dalam keluarga sumber tertutup hanya karena tersedia pada beberapa jenis ponsel. Berbeda dengan software BlackBerry dan Apple ® yang biasanya hanya datang diinstal pada ponsel juga dibuat oleh merek-merek, Microsoft® menjual nya Windows® OS untuk sejumlah produsen hardware yang berbeda. Dengan demikian, banyak merek dan gaya ponsel menjalankannya.

Model Proprietary lainnya
Sementara BlackBerry, Apple®, dan Microsoft® secara luas dianggap sebagai pemimpin industri dalam ruang mobile, mereka tidak berarti satu-satunya pemain. Sejumlah ponsel yang berbeda berjalan pada tertutup, sistem merek-spesifik lainnya. webOS Palm® ini, bada® dari Samsung®, dan Nokia® ini Maemo® hanya beberapa contoh. Mengingat sifat yang selalu berubah dari industri teknologi, bahkan lebih terikat untuk muncul di waktu.

Platform Open Source
Sebuah sistem operasi yang didasarkan pada perangkat lunak “open source” adalah salah satu yang umumnya bebas bagi siapa saja untuk menggunakan, mengubah, atau memodifikasi. Model dasar di sini adalah salah satu inovasi tanpa hambatan. Siapapun dapat mengembangkan aplikasi untuk OS dalam kategori ini, dan setiap perusahaan dapat merilis ponsel menggunakannya. Linux adalah salah satu sistem open source paling populer dan digunakan dalam sejumlah pengaturan ponsel, mungkin terutama sebagai dasar untuk telepon Android® Google ® ini.

Symbian adalah contoh lain. ponsel merek Nokia® adalah beberapa yang pertama untuk beradaptasi dan menggunakan macam teknologi Symbian, tapi ponsel dengan Sharp®, Fujitsu®, Sony® dan perusahaan lain memiliki sistem operasi yang terpasang juga. Meskipun digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia, tidak tradisional dianggap sangat canggih. Karena itu sering paling cocok untuk perangkat yang lebih “standar”, yang mengatakan, tidak fitur lengkap ponsel pintar.

Industri
pengembangan mobile tampaknya mengubah setiap beberapa tahun, jika tidak setiap beberapa bulan. Teknologi memicu pergeseran ini dan evolusi selalu beradaptasi, juga. Perbedaan umum “merek berdasarkan” dan “open source” akan tetap driver utama dari sistem operasi ke depan, tapi apa sistem-sistem akan terlihat seperti, bagaimana mereka akan bekerja, dan apa yang mereka akan mampu seiring berjalannya waktu masih harus dilihat.

0 komentar