Cara Mencari Duplikat File dan Data

Cara Mencari Duplikat File dan Data - Duplikat file dan data tentunya akan mempersempit ruang penyimpanan pada harddisk komputer kalian. Memang terkadang tanpa kalian sadari banyak data dan file yang sengaja di duplikasi untuk mencegah hilangnya file dan data tersebut. Nah untuk mencari duplikat file dan data pada komputer, silahkan simak cara dibawah ini.

Sebelum mempraktekan cara mencari file duplikat, saya akan memperkenalkan sebuah software yang bisa membantu kalian dalam mencari file duplikat, yaitu dupeGuru.

dupeGuru adalah aplikasi gratis dan hadir dalam tiga jenis: dupeGuru, dupeGuru Music Edition, dan dupeGuru Gambar Edition. dupeGuru Musik dan gambar berguna untuk menemukan jenis file musik dan gambar yang sama.

Contohnya, dupeGuru music edition akan menemukan lagu yang sama, bahkan jika lagu itu berada di file MP3 yang berbeda dikodekan pada bitrate yang berbeda pula. Atau dupeGuru Image Edition berguna untuk menemukan duplikat dari foto yang sama bahkan jika foto tersebut telah diubah ukurannya, diputar, atau diedit.

Untuk mendapatkan dupeGuru silahkan menuju link https://www.hardcoded.net/dupeguru/ !

Cara mencarinya adalah sebagai berikut:
1. Instal terlebih dahulu dupeGuru pada komputer kalian.
2. Jalankan aplikasi dupeGuru dengan membukanya dan tambahkan beberapa folder atau drive yang ingin kalian scan.
Baca juga : Cara mengembalikan file yang terhapus
 
Cara Mencari Duplikat File dan Data
Cara Mencari Duplikat File
3. Klik Scan. 
4. Selajutnya kamu akan melihat daftar data dan file duplikat, dan kamu dapat dengan mudah memilih dan menghapus data dan file yang ingin kalian hapus. 
5. Klik dua kali file dalam daftar untuk membuka dan memeriksanya.
Finder Duplicate File
 Sumber gambar http://www.howtogeek.com/
 Itulah cara mencari file duplikat pada laptop. selamat mencoba !

0 komentar