Pengertian HUB dan Bridge

Pengertian HUB dan Bridge - Apa itu HUB dan Bridge? HUB adalah perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang menghubungkan beberapa node dalam suatu jaringan, sehingga dengan adanya HUB akan terbentuk sebuah jaringan. Pada jaringan yang biasa dan sederhana, salah satu port akan menghubungkan HUB tersebut ke komputer peladen atau server. Sedangkan port lainnya difungsikan untuk menghubungkan komputer client yang sudah mempunyai NIC untuk membentuk suatu jaringan.

pengertian hub
HUB


Jenis Jenis HUB
a. Passive HUB
HUb Pasif adalah hub yang tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan, HUB ini hanya berfungsi menghubungkan jalur secara fisik dan melewatkan sinyal, selain itu hub pasif tidak melakukan proses penguatan sinyal.

b. Active HUB
HUb aktif adalah Jenis HUB menghubungkan tenaga tambahan. Di samping berguna untuk penghubung jalur secara fisik dan melewatkan sinyal, perangkat keras komputer ini juga bisa memperkuat sinyal yang akan dilewatkan ke jalur lain.

Pengertian Brigde
Bridge adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membagi satu jaringan ke dalam 2 buah jaringan. Bridge berfungsi untuk mendapatkan jaringan yang bagus dan efisien. Kebanyakan perangkat keras ini mampu mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Bridge diibaratkan sebagai polisi lalu lintas yang mengatur di lalu lintas jalan pada saat jam sibuk. Perangkat ini mengatur informasi supaya di antara kedua sisi network tetap berjalan dengan baik dan teratur. 

Bridge juga bisa berfungsi untuk mengkonekan di antara jaringan yang menggunakan jenis kabel yang berbeda ataupun topologi jaringan yang berbeda pula.

Bridge mempunyai kemampuan lebih dari pada  repeater. Adapun tugas tugas bridge adalah sebagai berikut:
a. Mengingatkan alamat dari mesin pengirim dan selalu mencatat alamat mesin pengirim ke dalam sebuah tabel MAC address.

b. Melewatkan serta menyaring frame. Pada saat bridge menerima frame, bridge akan memeriksa MAC address. Jika address tujuan yang terpasang pada frame terdapat juga pada tabel MAC address, maka frame itu akan dikirim ke sebuah port yang tersambung dengan mesin tujuan. Namun, jika alamat tujuan tersebut tidak ada pada table MAC address, makan bridge akan mengirimkan frame yang diterima ke seluruh port yang dimiliki bridge tersebut.

c. Mencegah terjadinya looping. saat bridge dipasang dengan cara paralel bagi menghubungkan dua segmen berlainan semula bertujuan buat menempa system jaringan yg sediakan prosedur fault tolerance bakal mempunyai masalah, salah satunya ialah broadcast storm saat( ada satu mesin jalankan pengiriman dengan cara broadcast, frame tercantum dapat dikirim ke semua device pula dapat memunculkan looping data broadcast yg tengah- menerus & apabila didiamkan dapat mengadakan jaringan down.

0 komentar