Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya -  Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah sebagai berikut.

a. Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, casing, memori, dan hardisk.
b. Komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, dan chatting.
c. Akses informasi, contohnya web browsing.

Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya


Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Baca juga: Perangkat Jaringan Komputer

Dalam sistem jaringan, informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Data dan informasi ini dibedakan karena data yang bergerak dalam sistem jaringan belum tentu sebagai sebuah informasi.

Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Bila di rumah Anda memiliki dua atau lebih komputer sebaiknya dihubungkan dalam sebuah jaringan komputer sehingga dalam pemanfaatan internet, printer, dan lainnya akan lebih efisien.
Dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer, banyak bentuk efisiensi dapat diperoleh di antaranya sebagai berikut. Baca juga : Sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang

a. Berbagi perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, drive dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. Sehingga cara ini dapat menghemat biaya.

b. Berbagi program atau data
Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (yang melayani komputer- komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan  data pada server juga memberikan keuntungan, antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirimkan surat elektronik dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan (chating) ataupun telekonferensi.

d. Memudahkan pengaksesan informasi
Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap dapat mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet merupakan salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

Dalam membentuk suatu sistem network, dibutuhkan komponen. Komponen-komponen tersebut adalah node dan link.

a. Node
Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya. Node dapat berupa sebuah printer atau alat-alat cetak lainnya, suatu PC atau micro komputer sampai main-frame yang raksasa, modem, dan multiplexer.

b. Link
Link adalah chanel atau jalur transmisi atau crier untuk arus informasi atau data di antara node. Link dapat berupa kabel, microwave system, dan laser sistem atau satellite system. Network yang masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan satu dengan yang lainnya dan menggunakan link berupa jalur transmisi jarak jauh disebut dengan WAN (Wide Area Network), sedang network yang masing-masing node terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel disebut dengan LAN (Local Area Network).

0 komentar