Pengertian Simulasi Digital dan Contohnya

Pengertian Simulasi Digital dan Contohnya - Simulasi merupakan sebuah cara untuk menampilkan tampilan dan karakter dari suatu sistem nyata. Ide awal dari terciptanya simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, setelah itu mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, sehingga akhirnya bisa membuat ringkasan dan membuat ketentuan berdasar hasil dari simulasi.

Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh atau dirubah sampai keuntungan serta kerugian dari apa yang jadi kebijakan utama satu buah ketetapan di uji cobakan dalam sistem model.

pengertian simulasi digital kurikulum 2013,  materi simulasi digital  pengertian simulasi digital menurut para ahli,  makalah simulasi digital, contoh simulasi digital, manfaat simulasi digital


Pengertian Simulasi Menurut Para Ahli

Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam wujud tiruan (imakan) yang hampir sama dengan kondisi yang sesungguhnya. simulasi : penggambaran satu buah system atau proses dengan peragaan dengan menggunakan model statistic atau pemeran

Udin Syaefudin Sa’ud (2005:129) simulasi yakni sebuah replikasi atau visualisasi dari perilaku suatu sistem, misalnya sebuah perencanaan pendidikan, yang berjalan pada kurun waktu yang tertentu. Jadi bisa dikatakan bahwa simulasi itu adalah sebuah model yang berisi seperangkat variabel yang menampilkan ciri utama dari system kehidupan yang sebenarnya.

Simulasi mengizinkan keputusan-keputusan yang memastikan bagaimanakah ciri-ciri penting itu bisa di modifikasi secara nyata.

Metode Simulasi Digital
Metode simulasi yaitu proses perancangan model dari satu buah system nyata (real) dan pelaksanaan eksperimen-eksperimen dgn model ini untuk tujuan memahami tingkah laku sistem atau untuk menyusun strategi(dalam suatu batas atau limit yang ditentukan oleh suatu satu atau beberapa kriteria) sehubungan bersama operasi sistem tersebut.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Metode simulasi bisa menuturkan perilaku satu buah system dalam beberapa waktu dengan mengobservasi tingkah laku dari model matematika yang dibuat sesuai dgn karakter sistem yang aslinya sehingga seorang analis bisa mengambil suatu rangkuman berkaitan dengan system dunia nyata.

Pengertian Digital
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Jika kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10).Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, ialah 1 & 0, oleh karenanya Digital ialah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 & 1 atau off & on (bilangan biner). Seluruh sistem pada komputer menggunakan sistem digital yang merupakan basis datanya. Bisa disebut dgn istilah Bit (Binary Digit)

0 komentar