Pengertian UPS dan Fungsinya

Pengertian UPS dan Fungsinya - Akhir-akhir ini PT.PLN Persero sering menggelarkan pemadaman dengan cara bergilir, baik itu direncanakan atau tak direncanakan (gangguan). Faktor ini dilakukan bukan tanpa alasan, banyak sekali alasan berkaitan pemadaman bergilir, seperti tambahan peralatan jaringan atau melaksanakan beberapa perawatan pembangkit.

Listik mati ? aktifitas juga terhenti ! seiring perkembangan jaman, kehidupan sehari-hari aktifitas yg dilakukan masyarakat tak terlepas dari pemakaian listrik. Lalu adakah solusi buat mengatasi hal itu?

Sebagai pengguna PC, ada salahsatu trick yg bisa dilakukakan utk mengatasi hal masalah tersebut, yaitu dgn memakai UPS. UPS yaitu singkatan dari "Uninteruptible Power Supply" atau dalam bahasa Indonesia yakni suplai daya bebas gangguan. UPS juga merupakan salahsatu perangkat keras komputer yg berfungsi utk memberikan suplai listrik pada saat listrik megalami gangguan atau ketidak stabilan.(terhambat, pemadaman listrik). UPS dapat dijadikan cadangan disaat listrik mati.

Pengertian UPS dan Fungsinya, Pengertian UPS, Fungsi UPS


Lalu apa perbedaan UPS & Power Supply??? untuk mengetahuinya, silakan kamu baca & bandingkan perbedaan dari keduanya di artikel "Pengertian Power Supply"

Pentingkah UPS Untuk Pengguna PC?
Pasti penting, sebab apabila listrik mati secara mendadak maka pc yg sedang menyala akan langsung mati. Inilah yg menyebabkan komponen pc rusak. Bila hal ini terus-terusan terjadi, maka tak menutup kemungkinan kamu mesti mengeluarkan budget penambahan utk mengganti perangkat pc.

Dengan adanya UPS, maka kita dapat mematikan pc secara normal disaat listrik mati. Setidaknya UPS bisa memberikan suplai listrik beberapa menit, pasti ini akan memberikan banyak keuntungan, salahsatunya yaitu kita memiliki kesempatan utk meyimpan file yg sedang dikerjakan sebelum pc mati.

Tidak Cuma itu, didalam UPS terdapat stabilizer yg berfungsi buat menstabilkan tegangan listrik yg masuk kedalam pc. Hal ini dapat membuat CPU lebih tahan pada kerusakan, sebab tegangan listrik yg tak stabil tentu akan berdampak butuk pada CPU.

Terimkasih sudah membaca Pengertian UPS dan Fungsinya... semoga bermanfaat.

0 komentar