Pengertian Hub dan Fungsinya

Pengertian Hub dan Fungsinya - Hub adalah  salah satu perangkat keras jaringan komputer yang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan komputer. Karena Hub tersebut sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer, sehingga apabila Hub mengalami kerusakan akan menyebabkan seluruh jaringan komputer bisa terputus atau terganggu.

Pengertian Hub dan Fungsinya
HUB

Fungsi Hub

Selain berfungsi untuk penerima sinyal, Hub juga berfungsi sebagai titik pusat yang menghubungkan semua komputer dalam jaringan tersebut. dan Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

Di Lihat dari fungsinya, Hub dibedakan menjadi 2 macam:
a. Hub Pasif
Hub Pasif yaitu hub yang berfungsi yang merupakan pemisah atau pembagi jaringan, akan tapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.

b. Hub Aktif
Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung trayek secara fisik dan penguat sinyal dalam suatu jaringan, Tetapi hub aktif dapat bekerja apabila ada tenaga listrik

Hub pada dasarnya merupakan suatu pemisah sinyal (signal splitter). Ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka bisa tersalin ke port yg lain di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

Tiap-tiap host yang tersambung ke hub bisa melihat paket ini, tetapi hanya host yang ditujukan saja yang bakal memprosesnya. Dan ini akan menyebabkan masalah network traffic, karena paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke seluruh host.

Kelebihan dan Kekurangan Hub

Kelebihan Hub adalah mengijinkan pengguna untuk bisa berbagi pada rute yang sama ,mempunyai banyak port (4 hingga 24 port ditambah 1 utk ke server atau hub yang lain.)
Kekurangan Hub adalah bisa berbagi trayek yang sama sehingga kecepatan komunukasinya pun mesti dibagi dgn hub lainya.

Karakteristik Hub
Perangkat keras Hub memiliki sekian banyak port yang mampu menerima kabel jaringan, seperti kabel UTP atau coaxial. Hub mempunyai banyak variasi ukuran, Hub dalam ukuran kecil memiliki 4 port. Tapi suatu Hub besar dapat berisi 8, 12, 16, dan bahkan 24 port.

Hub dapat menghubungkan dan berfungsi supaya komputer yang ada pada segmen tersebut dapat membuka dan berkomunikasi antara yang satu dengan yang yg lain dengan menggunakan konsep topologi jaringan. Baca juga pengertian topologi jaringan

Ringkasan : Hub ialah perangkat keras yg berfungsi untuk penguat sinyal & juga sebagai titik pusat penghubung jaringan pc.

0 komentar