Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Fungsi Modem Internal dan Eksternal - Modem berasal dari kata modulation-demodulation, nama ini diberikan karena sesuia dengan cara kerjanya atau fungsi modem tersebut, di mana modem bekerja mengubah sinyal digital jadi sinyal analog (yang disebut "modulasi") agar dapat dikirim melalui saluran telepon dan sebaliknya utk mengubah sinyal analog (yang disebut"demodulasi") jadi sinyal digital supaya dapat dimengerti oleh perangkat komputer.

Ketika satu perangkat komputer mengirimkan data ke internet, modem mengganti sinyal digital dari komputer tersebut menjadi sinyal analog maka sinyal tersebut akan dilewatkan melalui kabel telpon. Pada waktu komputer menerima data dari internet maka modem dapat mengganti sinyal analog jadi sinyal digital sehingga komputer bisa membaca sinyal tersebut.

Dengan cara ini modem membuat satu unit komputer untuk mengakses internet dan tergabung ke jaringan internet lewat jaringan telepon. baca juga macam-macam perangkat keras untuk mengakses internet.

baca juga cara menginstal modem di laptop

Kecepatan Transper Modem

Kecepatan modem mentransper data dgn satuan bits/ second (bps). Kecepatan transper data modem dial-up yang ada dipasaran yaitu 56kbps. Ini menunjukan bahwa modem tersebut akan mentransper data sebesar 56 kilobits setiap detiknya. Secara teori, kecepatan akses dgn menggunakan modem dial-up bisa mencapai 56 kilobits, Tapi umumnya kecepatan akses manggunakan modem dial-up kurang dari kecepatan maksimal.

Jenis - Jenis Modem

Ada dua kategori modem yang bisa anda temukan dipasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal, kedua modem ini mempunyai fungsi yang sama, tapi cara pemasangannya berbeda. Modem internal ialah perangkat keras yg dipasang langsung pada motherboard, sedangkan modem Eksternal adalah modem yg terpisah dgn pc, modem jenis ini dihubungkan ke komputer dgn memanfaatkan port USB.

Untuk lebih jelas nya, silahkan baca jenis-jenis modem dan gambarnya

fungsi modem internal dan eksternal
Modem Internal

Keuntungan modem internal adalah harganya lebih murah tapi mempunyai kelemahan dalam pemasangan yg susah dan penggunaanya tidak bisa dipindahkan, dikarenakan harus direpotkan dgn membuka casing komputer. Keuntungan memakai modem eksternal yaitu bisa dipindahkan dari satu komputer pada komputer lain, tetapi harganya lumayan mahal.

0 komentar