Perbedaan VGA dan Video Card

Perbedaan VGA dan Video Card - Kartu Grafis, Video Card, RAM, Processor adalah bagian penting dari komputer. Kedua kartu grafis dan kartu video membantu untuk menghasilkan tampilan visual gambar dan video pada monitor. Tidak ada perbedaan mendasar antara keduanya dan keduanya digunakan secara sinonim. Sebenarnya kartu video berbeda sebagian dari dua jenis kartu grafis, yaitu kartu grafis terintegrasi dan kartu grafis dedicated.

VGA

Sebuah kartu grafis merupakan komponen perangkat  keras komputer motherboard yang menunjukkan data grafis setelah mengkonversi dalam format digital. Hal ini dibangun di Graphic Processing Unit atau GPU yang terletak pada motherboard. Namun, kartu grafis eksternal juga dapat melekat pada sistem. Semua kartu grafis terhubung melalui antarmuka pada motherboard. Semua gambar diproses oleh kartu grafis disimpan ke dalam memori video sebelum menampilkan pada monitor. Kinerja yang lebih baik dari kartu grafis tergantung pada memori videonya ada dua jenis  kartu grafis, yaitu kartu grafis terintegrasi dan kartu grafis dedicated.

Baca juga: Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perbedaan VGA dan Video Card


Video Card

Kartu video juga seperti kartu grafis. fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar pada monitor. Kartu video cocok untuk digunakan ketika bermain game dikomputer. Jumlah kartu video juga dapat ditingkatkan tetapi umumnya mereka harus dari model yang sama. Ada dua jenis merk terkenal untuk kartu video, yatu AMD dan Nvidia.

Perbedaan VGA dan Video Card


Kartu video dan kartu grafis yang tidak banyak perbedaan satu sama lain. video card berbeda dari kartu grafis terintegrasi dan kartu grafis dedicated terpisah. Pada dasarnya, kita bisa menarik beberapa perbedaan diantara keduanya. perbedaan nya dapat diliahat dibawah ini.


1. Kedua kartu grafis dan kartu video yang digunakan untuk melakukan tampilan gambar dan video. Khusus unruk kartu video biasanya digunakan untuk tujuan game untuk menjalankan resolusi tinggi dan dimensi tinggi permainan grafis.
2. Kartu Video mengurangi memori RAM karena menggunakan RAM dan prosesor kecepatan untuk melakukan dengan baik. Sementara kartu grafis didedikasikan mengandung RAM dan prosesor sendiri sehingga tidak mengurangi kinerja komputer.
3. Kartu video tambahan yang melekat dalam CPU dan motherboard seperti kartu grafis terintegrasi. Hal ini tidak perlu untuk melampirkan kartu grafis dedicated untuk CPU dan motherboard. Baca juga pengertian motherboard dan fungsinya
5. video card lebih murah daripada  kartu grafis karena sudah dibangun di motherboard dan termasuk dalam harga keseluruhan sistem. Sementara kartu grafis dedicated harus dibeli secara terpisah dan sangat mahal.
6. Kartu grafis didedikasikan menunjukkan kinerja tinggi dan kecepatan dari kartu video.

0 komentar