Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM - RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan utama. Setiap kali, kita ingin melakukan beberapa tugas, memori adalah pertama dimuat dalam RAM sebelum hard drive. Semakin banyak RAM berarti lebih banyak memori akan disimpan oleh itu dan itu akan mampu beredar memori cepat. 

Sistem penyimpanan memori volatile secara default. menyimpan informasi dan data diproses sampai Anda bekerja pada komputer Anda. Ketika Anda akan mematikan sistem Anda, semua memori akan terhapus secara otomatis. Ia menyimpan semua memori hingga batas. Setelah mencapai batas tertentu, itu akan terhapus memori berguna tua untuk memori baru. dibawah ini adalah gambar RAM. baca juga jenis-jenis RAM dan penjelasanya

perbedaan RAM dan ROM

ROM atau Read Only Memory adalah media penyimpanan yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. Data yang tersimpan dalam ROM hanya dapat diubah perlahan-lahan, dengan kesulitan, atau tidak sama sekali, sehingga hal ini terutama digunakan untuk mendistribusikan firmware. 

Setiap sistem dilengkapi dengan pra-instal memori ini untuk memulai komputer. ROM adalah memori yang memiliki data tertulis secara permanen di atasnya dan tidak dapat digunakan kembali. Namun, ada beberapa ROM yang dapat ditulis ulang tetapi mereka disebut Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM). Sulit untuk mengubah atau memprogram memori ini. Hal ini juga non-volatile dan isi dipertahankan bahkan setelah sistem berjalan shutdown atau restart. Dibawah ini adalah gambar ROM
perbedaan RAM dan ROM

baca juga pengertian RAM dan Fungisnya
Berikut ini adalah perbedaan  RAM dan ROM.

1. RAM mudah diakses oleh prosesor saat ROM tidak dapat langsung diakses oleh prosesor karena pertama itu ditransfer ke RAM di mana ia dieksekusi oleh prosesor.
2. RAM adalah volatile di alam karena secara otomatis terhapus ketika komputer shutdowns. ROM adalah non-volatile di alam seperti itu tidak pernah terhapus ketika ada shutdown atau restart komputer.
3. RAM digunakan untuk menyimpan informasi sementara untuk jangka waktu yang singkat. memori 4. ROM digunakan untuk menyimpan informasi permanen dan tidak dapat dihapus.
5. RAM adalah bentuk chip sementara ROM umumnya driver optik yang terbuat dari kaset magnetik.
6. RAM yang mahal sebagai dibandingkan dengan ROM.
7. RAM ukuran chip lebih besar dari ROM.
8. Static RAM dan Dynamic RAM adalah jenis RAM. PROM, EPROM dan EEPROM adalah jenis ROM

0 komentar