Perbedaan Prosesor dan Mikroprosesor

Perbedaan Prosesor dan Mikroprosesor - Seperti jiwa dalam tubuh kita membuat kita tetap hidup sama seperti prosesor di komputer. Kedua prosesor dan mikroprosesor melakukan berbagai fungsi untuk komputer melalui komponen terintegrasi. Keduanya adalah jantung dari sistem. Ini adalah prosesor yang menerima masukan, informasi atau data dan perintah untuk memproses dan menyimpan dan memberikan hasilnya dalam bentuk beberapa output sesuai dengan instruksi pengguna. Karena penggunaan serupa kedua istilah seperti sinonim satu sama lain tetapi ada kesenjangan yang besar antara mereka. Sekarang kita akan membahas satu persatu kedua istilah.

Baca Juga : Sejarah Komputer dan Perkembangannya


Perbedaan prosesor dan mikroprosesor

Processor

Prosesor yang juga dikenal sebagai Central Processing Unit (CPU) adalah sebuah chip, yang ditugaskan dengan petunjuk melakukan logis I / O operasi dan fungsi aritmatika komputer. Don tidak membingungkan istilah CPU / prosesor dengan seluruh sistem. Bahkan, prosesor atau CPU adalah chip kecil, yang berisi juta transistor kecil untuk menjalankan sistem secara efektif. 

Ini adalah tugas dari prosesor untuk mengawasi atas komputer. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan tugas yang kompleks dan sulit. Membaca dan menulis data pada CD / DVD, USB atau removable disk lainnya. Ia melakukan fungsinya melalui ALU dan CU singkatan Arithmetic Logic Unit dan Unit Kontrol masing-masing.

Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah bentuk terbaru dari prosesor atau CPU. Mikroprosesor adalah sirkuit chip tunggal terintegrasi dengan semua kualitas dari CPU dengan beberapa sirkuit baru. kecepatan pemrosesan lebih besar dari CPU. Hari ini semua CPU prosesor terbaru yang mikroprosesor. 

Mikroprosesor dikembangkan untuk serbaguna m, karena microprocessor mampu menerima dan menyimpan data dan mengolahnya dalam output sebagai hasil sesuai dengan instruksi. Penemuan ini telah mengubah seluruh CPU / processor. biaya pengolahan daya telah diperkenalkan dengan peningkatan kecepatan pemrosesan. Sebelum mikroprosesor, menengah dan kecil sirkuit skala yang digunakan untuk komputer kecil. Tapi sekarang komputer kecil memerlukan satu atau beberapa sirkuit skala besar.

Perbedaan Prosesor dan Mikroprosesor

Berikut ini adalah perbedaan utama antara prosesor dan mikroprosesor:

1. Processor atau CPU mampu melakukan semua jenis komputasi dan aritmatika fungsi sementara penawaran mikroprosesor di BIOS & memori sirkuit selain melakukan semua fungsi CPU.
2. Fungsi mikroprosesor yang lebih besar dari prosesor. Selain kualitas prosesor, beberapa unit prosesor grafis (GPU), kartu suara dan kartu internet juga termasuk di dalamnya.
3. Mikroprosesor adalah versi terbaru dan upgrade prosesor / CPU. pengertian CPU dan fungsinya
4. Meskipun mikroprosesor adalah teknologi terbaru dan muka tapi masih fungsi pemrosesan utama komputer dikendalikan oleh prosesor.
5. Fungsi baru dari pengolahan audio yang membantu dalam memproduksi audio yang jernih disimpan dalam kartu suara dari mikroprosesor yang sebelumnya tidak tersedia di prosesor.
6. Karena penambahan prosesor yang berbeda pada mikroprosesor, kecepatan lambat daripada prosesor.
7. CPU / prosesor dapat microprocessor tetapi semua mikroprosesor tidak CPU.
8. CPU adalah bagian utama dari komputer sementara mikroprosesor adalah sebuah chip sederhana pada motherboard.

1 komentar

Anonymous said...

kak kalau copy paste tolong di benerin sedikit translate nya, supaya tidak bingung mengartikan kalimatnya