Perbedaan Hub dan Switch

Perbedaan Hub dan Switch - Hub dan switch adalah dua istilah penting yang digunakan dalam jaringan komputer saat berbagi internet. Keduanya adalah perangkat Ethernet yang menghubungkan perangkat pada Ethernet bersama-sama. dalam artikel ini kita akan mengetahui perbedaan antara hub dan switch.

Pengertian Hub

Pengertian Hub, hub Ethernet, repeater hub  adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet dan bekerja sebagai satu segmen jaringan. Hub berisi berbagai input / output (I / O) port, di mana sinyal diperkenalkan pada satu input dan reaming digunakan sebagai output. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) dari model OSI (model Open System Interconnection).
perbedaan hub dan switch

Hub repeater juga digunakan dalam jaringan untuk meneruskan sinyal untuk semua port jika mendeteksi tabrakan. Selain port 8P8C standar (8 posisi 8 kontak), beberapa hub juga mempunyai konektor BNC (bayonet Neil-Concelman) dan / atau Attachment Unit Interface (AUI) konektor untuk memungkinkan sambungan ke warisan 10BASE2 (cheapernet, atau Thinwire) atau 10BASE5 segmen jaringan (tebal ethernet atau thicknet). fungsi hub

Pengertian Switch

Switch atau MAC bridge adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pada jaringan komputer, dengan penggunaan paket switching untuk menerima, proses dan data untuk perangkat yang terpasang. Teknologi switch ini lebih maju daripada hub.
 
Switch lebih banyak digunakan daripada hub tetapi masing-masing memiliki dedicated bandwidth sendiri, sehingga semua pengguna masih mempertahankan transfer rate yang tinggi. Sebuah switch adalah jembatan jaringan multiport yang menggunakan alamat perangkat keras untuk memproses dan data ke depan pada lapisan data link (layer 2) dari model OSI (model Open System Interconnection).

Perbedaan Hub dan Switch

Berikut ini adalah perbedaan utama antara hub dan switch.

1. Hub adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada layer-1 fisik untuk menghubungkan perangkat jaringan untuk komunikasi. sementara switch adalah data maju pada lapisan data link (layer 2) dari model OSI.
2. Hub memiliki 4/12 port sedangkan switch multi-port bridge yang memiliki 24/48 port.
3. Hub adalah perangkat pasif (tanpa software) sedangkan switch adalah perangkat aktif (dengan software) & perangkat jaringan.
4. Pada hub, transmisi data dilakukan melalui sinyal listrik atau bit. Namun switch adalah bentuk transmisi data melalui frame (L2 switch) frame dan paket (L3 switch).

5. Hub tidak bisa belajar atau toko alamat MAC sementara alamat toko switch MAC dalam tabel.
6. Sun Systems, Oracle dan Cisco adalah produsen hub sementara Cisco dan D-link Juniper adalah produsen switch.
7. Pada hub, semakin banyak pengguna akan hasil dalam waktu kurang bandwidth rata-rata per pengguna karena setiap pengguna saham dari bandwidth yang sama sementara di switch meskipun ada lebih banyak pengguna, tetapi setiap pengguna memiliki dedicated bandwidth sendiri, sehingga semua pengguna masih mempertahankan transfer rate yang tinggi.

Pengertian Hub dan Fungsinya

0 komentar