Perbedaan GSM dan CDMA

Perbedaan GSM dan CDMA - GSM (Global System for Mobile) dan cDNA (Code Division Multiple Access) atau dua jenis teknologi nirkabel atau teknologi sistem radio. Sebagian besar orang yang akrab dengan GSM tetapi hanya sedikit tahu tentang CDMA. Tujuan dari kedua teknologi adalah untuk membuat penggunaan internet mudah bagi konsumen. Metode kerja teknologi baik entah bagaimana berbeda satu sama lain.

GSM
Pengertian GSM - GSM singkatan dari Global System for Mobile yang menggambarkan protokol untuk 2G (2nd Generation) jaringan selular digital yang digunakan oleh ponsel. GSM adalah standar global default untuk komunikasi mobile sejak tahun 2014.

Saat ini pangsa pasar 76% dimiliki oleh GSM dan beroperasi di lebih dari 219 negara di seluruh dunia. jaringan 2G menggantikan 1G jaringan selular analog, dan setelah itu GSM datang ke lapangan yang awalnya digambarkan sirkuit digital dan jaringan yang dioptimalkan untuk full telepon suara duplex diaktifkan. GSM sepenuhnya dimiliki oleh Asosiasi GSM dan GSM adalah merek dagang dari perusahaan.

Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

Perbedaan GSM dan CDMA


CDMA
Pengertian CDMA - CDMA - singkatan dari Code Division Multiple Access - adalah metode akses saluran yang digunakan oleh teknologi radio. CDMA adalah teknologi akses jamak dimana beberapa pemancar dapat mengirimkan informasi pada waktu yang sama melalui saluran komunikasi sinyal. CDMA memungkinkan pengguna untuk berbagi sebuah band frekuensi.

Hari ini di banyak standar ponsel itu digunakan sebagai metode akses seperti cdmaOne, CDMA2000 dan WCDMA yang dapat hanya disebut CDMA juga. CDMA banyak digunakan di Amerika Serikat dan memegang 24% dari pasar.

Perbedaan GSM dan CDMA


Berikut ini adalah perbedaan utama antara GSM dan CDMA.

1. GSM adalah bawaan standar global untuk komunikasi selular saat CDMA dibatasi untuk daerah tertentu saja.
2. CSMA menggunakan memori internal untuk tujuan penyimpanan sementara GSN menggunakan Kartu SIM untuk tujuan penyimpanan.
3. GSM sedang digunakan di seluruh dunia kecuali AS, sementara CDMA adalah standar dominan di AS saja.
4. GSM memegang pangsa 76% dari pasar sementara 24% saham berada di bawah kendali CDMA.
5. GSM menggunakan teknologi GPRS / E / 4G / LTE untuk transfer data dan CDMA menggunakan teknologi EVDO / 3G / 4G / LTE untuk transfer data.
6. Roaming internasional dari GSM secara luas dapat diakses karena merupakan standar global saat roaming internasional CDMA kurang diakses.

0 komentar