Perbedaan CPU dan GPU

Perbedaan CPU dan GPU - Central Processing Unit (CPU), umumnya dikenal sebagai prosesor adalah bagian dari komputasi, di mana semua perhitungan berlangsung. CPU adalah otak dari komputer dan tidak ada konsep komputer tanpa CPU. karena CPU komputer tidak akan berfungsi. Semua aritmatika dan logis operasi dasar yang dilakukan oleh CPU. Dengan berlalunya waktu, struktur mereka telah berubah tetapi masih memiliki fungsi yang sama. ALU (Arithmetic Logic Unit) dan CU (Control Unit) adalah komponen utama dari CPU. baca lebih lengkap di pengertian cpu dan fungsinya

Segala macam fungsi logis dan aritmatika dilakukan oleh ALU. Sementara fungsi input dan output kontrol dilakukan oleh CU. ALU lebih tergantung pada CU karena CU menjemput informasi dari memori dan melaksanakan atas instruksi ALU. CPU modern digantikan oleh mikroprosesor dan mampu melakukan dengan kecepatan cepat dari sebelumnya.

Baca juga: Komponen komponen CPU dan Fungsinya

Perbedaan CPU dan GPU


GPU
Graphical Processing Unit (GPU), umumnya dikenal sebagai kartu video atau kartu grafis adalah bagian dari komputer yang diciptakan khusus untuk gambar atau display dengan memanipulasi dan mengubah memori sistem. Ini juga merupakan jenis prosesor berdasarkan sirkuit elektronik dan tertanam di motherboard. Pengolahan gambar, texturing, shading dan komputer grafis adalah tujuan utama dari GPU terbaru.

Baca Juga : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Beberapa GPU memiliki kemampuan untuk memecahkan kode HD dan data video lainnya tanpa bantuan CPU. Game dan video HD memerlukan GPU yang kuat untuk memberikan hasil yang lebih tinggi. Nvidia GeForce 256 adalah GPU pertama di dunia yang dirilis pada tahun 1999, yang mampu memproses 10 juta poligon dalam satu detik.

Perbedaan CPU dan GPU


Berikut ini adalah perbedaan utama antara CPU dan GPU.

1. CPU dan GPU adalah alat inti instrumen tetapi CPU memiliki beberapa prioritas di atas GPU. CPU bekerja sebagai otak dari komputer sementara GPU adalah komponen komputer seperti komponen lain dan digunakan untuk melaksanakan instruksi dari CPU.
2. CPU melakukan lebih banyak fungsi daripada GPU. juga itu bisa melakukan dan mengeksekusi fungsi GPU tapi pada kecepatan yang lebih lambat.
3. CPU adalah prosesor utama dari komputer dan melakukan semua tugas. sementara GPU melakukan data video atau kartu grafis.
4. Sistem dapat berfungsi tanpa GPU, sementara tanpa CPU tidak akan berfungsi dengan baik. GPU hanya berbagi beban CPU untuk mengeksekusi dan decode data grafis.

Itulah perbedaab antara CPU dan GPU. Semoga dapat memberi gambaran.

0 komentar