Pengertian Web Server dan Web Browser

Pengertian Web Server dan Web Browser - Web server dan web browser yang adalah istilah yang umum digunakan untuk situs web. Tujuan dasar dari kedua adalah untuk mengembangkan sebuah platform untuk direktori web internet. Sehingga setiap pengguna kapan saja dapat mengakses apapun dari situs. Perbedaan utama antara mereka adalah pada fungsi mereka dan bagaimana mereka melakukan fungsi mereka. Memeriksa detail dari kedua topik sebelum memahami perbedaan antara mereka.

Web Server
Web server adalah sebuah sistem komputer, yang menyediakan halaman web melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol). alamat IP dan nama domain adalah penting untuk setiap web server. Setiap kali, Anda memasukkan URL atau alamat web ke dalam browser web Anda, ini mengirimkan permintaan ke alamat web di mana nama domain dari URL Anda yang sudah tersimpan. Maka server ini mengumpulkan semua informasi dari halaman web Anda dan mengirimkan ke browser, yang Anda lihat dalam bentuk halaman web pada browser Anda. 

Membuat web server bukan pekerjaan yang sulit. Anda dapat mengubah komputer Anda menjadi web server dengan bantuan perangkat lunak server dan menghubungkan komputer ke internet. Banyak perangkat lunak web server yang tersedia di pasar dalam bentuk NCSA, Apache, Microsoft dan Netscape. Penyimpanan, pengolahan dan memberikan halaman web untuk klien adalah fungsi utamanya. Semua komunikasi antara client (web browser) dan server terjadi melalui HTTP. 


Tujuan utama dari web server untuk bekerja adalah media untuk menyimpan, mengolah dan memberikan akses ke halaman web ke pengguna untuk klien dari internet. Seperti yang sudah disebutkan, HTTP yang merupakan sistem untuk sistem kolaborasi, distribusi dan informasi hypermedia digunakan untuk saluran komunikasi antara server dan client. HTTP kemudian memberikan halaman dalam format dokumen HTML yang terdiri dari informasi dalam bentuk script, style sheet, video dan gambar di samping konten berbasis teks sederhana. 

Proses mendapatkan informasi awal yang diinginkan oleh web browser mengirimkan permintaan untuk halaman tertentu menggunakan HTTP dan kemudian web server merespon permintaan itu dengan baik menyediakan konten yang diminta atau memberikan pesan kesalahan. Web server dirancang untuk tujuan memberikan informasi, namun juga menerima data dari klien juga. Upload file atau data, mengirimkan formulir web, dll adalah contoh umum memberikan konten ke web server. 

Empat fitur disorot dari web server yang virtual hosting, dukungan file besar bahkan lebih besar dari 2GB, throttling bandwidth, dan server-side scripting untuk menghasilkan halaman web dinamis. Web server dapat menangani beban yang terbatas biasanya dari dua hingga 80.000 koneksi sekaligus. Ini tidak umum atau setiap orang sebagai default sebagian besar web server mendukung beban 500-1000 koneksi untuk satu alamat IP. Pengertian IP Adress

Web Browser
Web browser adalah klien, program, perangkat lunak atau alat melalui mana kita mengirimkan permintaan HTTP ke web server. Tujuan utama dari web browser adalah untuk menemukan konten di World Wide Web dan tampilan dalam bentuk halaman web, gambar, audio atau bentuk video. Anda dapat menyebutnya sebagai client server karena kontak web server untuk informasi yang diinginkan. Jika data yang diminta tersedia dalam data web server maka ia akan mengirim kembali informasi yang diminta lagi melalui web browser. 

Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Opera dan Google Chrome adalah contoh dari web browser dan mereka lebih maju dari browser web sebelumnya karena mereka mampu memahami HTML, JavaScript, AJAX, dll Sekarang, browser web untuk ponsel juga tersedia, yang disebut microbrowser. Web browser yang digunakan sebagai media untuk mengakses informasi dari web server file dalam sistem file atau jaringan pribadi. Proses mendapatkan informasi dari web server dimulai oleh web browser. 

Web peramban modern mendukung tampilan di format media hampir semua digital seperti gambar, script, video, gambar, dan teks. Tujuan utama dari web browser adalah untuk mengirim permintaan ke web server untuk data spesifik dan sekarang mereka dalam format media digital. Namun, fitur dari browser web dapat bervariasi dari satu ke yang lain. 

Sebagian besar web browser terbaru mendukung berbagai fungsi lainnya dalam bentuk email, (baca juga pengertian email), internet relay chat, berita Usenet, dll Hampir semua terkemuka web browser dukungan untuk pembukaan beberapa tab sekaligus. Dalam rangka memberikan dukungan untuk web browsing pribadi dan aman, sebagian besar browser web telah memperkenalkan opsi untuk browsing web pribadi. Fitur default web browser juga dapat diperluas dengan cara memasang ekstensi, plugin atau add-ons untuk mendapatkan fitur tambahan. Komponen utama dari web browser adalah antarmuka pengguna, UI backend, tata letak & mesin rendering, dan jaringan & data komponen ketekunan.


Perbedaan Web Server dan Web Browser

Berikut ini adalah perbedaan antara web server dan web browser.
1. Server Web adalah penting untuk menyimpan semua informasi dan data website. Sementara web browser yang digunakan untuk mengakses dan mencari informasi dan data.

2. Web browser digunakan untuk mencari sesuatu di internet melalui website. Sementara web server digunakan untuk membuat hubungan antara website dan web browser.
3. Web browser adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk pengumpulan dan penyajian data dalam bentuk website sementara web server adalah program server di komputer atau di awan di internet yang memberikan data.

4. Komunikasi dimulai dengan web browser yang meminta untuk halaman tertentu menggunakan HTTP dan kemudian respon web server terhadap permintaan itu dengan baik menyediakan konten yang diminta atau memberikan pesan kesalahan.

5. Alasan di balik web browser yang berlebihan atau crash kebocoran memori, CSS kompleks, peramban bug, data web berlebihan, add-in, cache, dan konfigurasi sistem yang rendah. Penyebab yang berlebihan di web server cacing komputer, virus XSS, bots internet, lalu lintas web kelebihan yang sah, dan jaringan yang lambat.

6. Web server memperlambat atau crash browser web dalam bentuk data web berlebihan sementara web browser yang banyak menyebabkan overload pada server web dalam bentuk cacing komputer dan virus XSS.

7. Web server dapat menangani beban yang terbatas biasanya dari dua hingga 80.000 koneksi sekaligus. Ini tidak umum atau setiap orang sebagai default sebagian besar web server mendukung beban 500-1000 koneksi untuk satu alamat IP. Beban pada browser web tergantung pada koneksi internet. Ini akan mendukung pembukaan untuk tab dalam kasus koneksi internet yang lebih cepat dan browser crash minimum.

8. Komponen utama dari web server yang server core, core server 64-bit binari, contoh aplikasi, antarmuka baris perintah administrasi, dll komponen dari browser web adalah user interface, UI backend, tata letak & mesin rendering, dan jaringan & data ketekunan komponen.

9. Memperluas fitur dan fungsi dari web server yang lebih kompleks dibandingkan dengan web browser yang memerlukan instalasi sederhana plugin dan add-ons.
10. Contoh web server adalah Apache, ISS, nginx, GWS, dll contoh browser web yang Firefox, Opera, Safari, Chrome, Internet Explorer, dll
11. Web server adalah sumber memberikan informasi yang tersimpan dalam database internet sementara web browser adalah saluran untuk mengakses informasi tersebut.
12. Instalasi web browser yang sangat sederhana dibandingkan dengan web server yang memerlukan biaya setup dan sulit juga.
13. Web browser diinstal pada komputer pengguna 'sedangkan web server adalah program yang diinstal pada komputer server.
14. Tujuan dari web browser adalah untuk mencari di internet sementara web server memiliki berbagai fungsi lain seperti server untuk komputasi, server aplikasi, dll

15. Fitur disorot utama web server adalah virtual hosting, dukungan file besar bahkan lebih besar dari 2GB, throttling bandwidth, dan server-side scripting untuk menghasilkan halaman web dinamis. Fitur disorot utama browser web adalah user interface, privasi & keamanan, standar mendukung dan diperpanjang

0 komentar