Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya

Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya - Virus komputer adalah sebuah program komputer atau kode yang dapat mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar dari satu sistem komputer ke sistem lain. 
Virus komputer memiliki kapasitas untuk korup atau menghapus data pada komputer Anda dan dapat memanfaatkan program e-mail untuk menyebarkan virus ke sistem komputer lain. Dalam skenario terburuk, bahkan dapat menghapus segala sesuatu pada hard disk Anda. Tujuan untuk mengganggu pengoperasian komputer atau program.

Virus komputer dapat melakukan kerusakan besar pada sistem komputer. Virus adalah infeksi. Komputer bisa terinfeksi oleh virus, dan virus bisa datang dalam beberapa bentuk dan virus bisa masuk ke komputer anda melalui beberapa cara. Diantaranya adalah:
1. Virus Email
Virus email adalah salah satu jenis. Sebuah virus email dapat melakukan perjalanan melalui lampiran dalam pesan email dan secara otomatis dapat mereplikasi dirinya sendiri dengan mengirimkan dirinya ke puluhan atau bahkan ratusan orang di daftar kontak Anda ditemukan di buku alamat online Anda.
2.  Trojan
Trojan horse bukan virus. Ini adalah program komputer yang mengklaim menjadi pertandingan tetapi dalam kenyataannya akan melakukan kerusakan setelah Anda menjalankannya. Bahkan mungkin menghapus hard disk Anda. Hal ini tidak bisa otomatis mereplikasi sendiri.

3. Worm
Worm adalah jenis kecil dari perangkat lunak yang memanfaatkan lubang keamanan dan jaringan komputer untuk mereplikasi dirinya sendiri. Worm ini akan memindai jaringan untuk mesin yang membawa lubang keamanan tertentu. Hal ini kemudian akan menyalin dirinya ke mesin melalui lubang keamanan dan akan mulai mereplikasi dirinya sendiri.

4. Spyware
Spyware adalah jenis malware (perangkat lunak berbahaya) yang diinstal pada komputer yang mengumpulkan informasi tentang pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Kehadiran spyware biasanya disembunyikan dari pengguna dan bisa sulit untuk dideteksi. Biasanya, spyware diam-diam diinstal pada pengguna komputer pribadi . Namun, beberapa spyware seperti keyloggers dapat diinstal oleh pemilik bersama, perusahaan, atau komputer publik pada tujuan untuk diam-diam memantau pengguna lain.
Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya, sejarah virus komputer, pengertian virus komputer, virus komputer paling berbahaya, macam-macam virus komputer, virus komputer terbaru, nama virus komputer, jenis-jenis virus komputer, cara membuat virus komputer


Virus pada umumnya bekerja dan menyebar setelah Anda mulai menggunakan aplikasi atau program yang terpasang. Misalnya, sebuah program yang memiliki virus di dalamnya akan menempatkan virus di sistem memori setiap kali program yang dijalankan.

Gejala Pada Komputer Yang Terinfeksi Virus
Dengan lebih dari 1000 jenis virus, ada berbagai bagian yang berbeda dari komputer, virus dapat menyerang boot sector. Gejala yang paling umum pada komputer yang terinfeksi virus adalah:

• File dan data dihapus.
• Komputer membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat program / ​​aplikasi.
• Produk dan gambar pada layar Anda terdistorsi dan gambar yang tidak biasa dan teks muncul.
• Suara yang tidak biasa datang dari keyboard, hard disk.
Perangkat keras Hard disk beroperasi secara berlebihan atau tidak dapat diakses.
• Disk space dan nama file berubah tanpa alasan.

Jenis-jenis Virus Komputer
Di bawah ini adalah daftar jenis yang paling umum dari virus:

1. Virus Polymorphic
Virus polimorfik adalah virus terenkripsi yang menyembunyikan diri dari anti-virus melalui dienkripsi data dan kemudian mendekripsi sendiri untuk dapat menyebar melalui komputer. Hal yang membuat sulit bagi perangkat lunak anti-virus untuk mendeteksi virus polymorphic adalah bahwa virus rutin menghasilkan dekripsi yang sama.
2. Virus Stealth
Virus Stealth menyembunyikan modifikasi dibuat untuk file dan catatan boot dengan memodifikasi dan penempaan hasil panggilan ke fungsi, oleh karena itu program percaya bahwa mereka membaca file asli dan bukan gambar yang sudah dimodifikasi. Sebuah perangkat lunak anti-virus yang baik mungkin akan mendeteksi virus siluman karena fakta bahwa virus siluman mencoba untuk menyembunyikan diri dalam memori ketika perangkat lunak anti-virus diluncurkan.
3. Virus Lambat
pengertian virus komputer dan jenisnyairus Lambat adalah virus sulit untuk mendeteksi karena fakta itu hanya memodifikasi dan menginfeksi file ketika mereka telah dimodifikasi atau disalin. Oleh karena itu file asli tidak akan terinfeksi oleh sebenarnya file yang disalin. Cara yang baik untuk melindungi diri terhadap virus lambat adalah dengan menggunakan pemeriksa integritas atau shell.
4. Virus Retro
Virus Retro menyerang software anti-virus yang dirancang untuk menghapusnya. Virus retro biasanya mencoba untuk menyerang file data anti-virus seperti toko signature virus yang menonaktifkan kemampuan perangkat lunak anti-virus untuk mendeteksi dan menghapus virus. Jika tidak virus retro mencoba untuk mengubah pengoperasian perangkat lunak anti-virus.
5. Virus Multipartite
Virus Multipartite mencoba untuk menyerang dan menginfeksi baik boot sector dan file executable pada waktu yang sama.
6. Virus Armored
Sebuah virus Lapis Baja mencoba untuk melindungi diri dari software anti-virus dengan mencoba untuk membuat software anti-virus percaya terletak di tempat lain. Oleh karena itu virus Lapis Baja telah membuat dirinya lebih sulit untuk melacak, membongkar dan memahami.
7. Virus Companion
Virus Companion menciptakan sebuah file pendamping untuk setiap file executable virus menginfeksi. Oleh karena itu virus pendamping dapat menyelamatkan diri sebagai scandisk.com dan setiap kali pengguna mengeksekusi Scandisk.exe, komputer akan memuat scandisk.com dan karena itu menginfeksi sistem.

8. Fag Virus
Sebuah virus fag adalah virus yang sangat merusak yang kembali menulis sebuah program dieksekusi dengan kode itu sendiri, bukan hanya melampirkan sendiri ke file. Oleh karena itu virus fag biasanya akan berusaha untuk menghapus atau menghancurkan setiap program menginfeksi.
9. Virus Revisiting
Virus Meninjau adalah virus worm dan mencoba untuk menyalin dirinya dalam memori komputer dan kemudian menyalin dirinya ke komputer lain yang terhubung menggunakan protokol TCP / IP.