Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Pengertian Topologi Jaringan Komputer - Sebuah jaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing memiliki satu atau lebih perangkat antarmuka seperti Network Interface Card (NIC) dan / atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat lunak jaringan yang menyediakan server atau klien fungsi. 
Perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan disebut media. Ini termasuk kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. kabel standar yang digunakan untuk keperluan dokumen ini adalah 10Base-T kategori 5 kabel ethernet. 
Ini adalah kabel tembaga twisted yang muncul di permukaan mirip dengan TV kabel koaksial. Hal ini diakhiri pada setiap ujung dengan konektor yang terlihat seperti sebuah konektor telepon. Panjang maksimum segmen adalah 100 meter.

Ada dua jenis utama dari kategori topologi jaringan komputer yaitu:

1. Server berbasis
2.  Peer-to-peer


Dalam sebuah topologi jaringan berbasis server, ada komputer dibentuk untuk menjadi penyedia utama layanan seperti layanan file atau layanan email. Komputer yang menyediakan layanan yang berada disebut server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan disebut komputer klien.

Dalam sebuah topologi jaringan peer-to-peer, berbagai komputer pada jaringan dapat bertindak baik sebagai klien dan server. Misalnya, banyak komputer berbasis Microsoft Windows akan memungkinkan berbagi file dan cetak. Komputer-komputer ini dapat bertindak baik sebagai client dan server dan juga disebut sebagai teman.
Banyak kombinasi topologi jaringan peer-to-peer dan jaringan berbasis server. Sistem operasi jaringan menggunakan protokol jaringan data untuk berkomunikasi di jaringan ke komputer lain. Sistem operasi jaringan mendukung aplikasi pada komputer tersebut. Sistem Operasi Jaringan (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain.

Tiga Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Topologi jaringan menggambarkan metode yang digunakan untuk melakukan kabel fisik jaringan. Yang utama adalah bus, bintang, dan cincin.
Pengertian Topologi Jaringan Komputer, Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya, Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Macamnya, Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Jenisnya

  
1. Topologi Jaringan Bus - Kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Sebuah konektor barrel dapat digunakan untuk memperpanjang.
2. Topologi Jaringan Bintang - Semua perangkat berputar di sekitar sebuah hub pusat, yang adalah apa yang mengontrol komunikasi jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan hub lainnya. batas jangkauan sekitar 100 meter dari hub.
3. TOpologi Jaringan Ring - Perangkat yang terhubung dari satu ke yang lain, seperti dalam sebuah cincin. Token data yang digunakan untuk memberikan izin untuk setiap komputer untuk berkomunikasi.

Baca : Macam macam jaringan komputer

Ada juga jaringan hibrida termasuk hibrida bintang-bus, jaringan bintang-ring, dan jaringan mesh dengan koneksi antara berbagai komputer pada jaringan. Jaringan mesh idealnya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain. Topologi dokumentasi ini berkaitan dengan sebagian besar adalah topologi star karena itu adalah apa jaringan ethernet digunakan.

0 komentar