Pengertian Repeater dan Fungsinya

Pengertian Repeater dan Fungsinya - Sebuah repeater adalah fasilitas yang paling sederhana yang digunakan untuk interkoneksi jaringan. Fungsi repeater adalah untuk menerima dan memperkuat sinyal jaringan dari satu terminal LAN  dan memancarkan sinyal-sinyal ke dalam kekuatan aslinya. Pada dasarnya repeater melahirkan kembali kekuatan sinyal sebelum transmisi.

Repeater beroperasi di model OSI lapisan fisik dan transparan untuk semua protokol yang beroperasi di lapisan atas lapisan fisik.
Pengertian Repeater dan Fungsinya
Implementasi LAN tertentu biasanya menempatkan batas pada ukuran fisik dari segmen kabel tunggal. Batas ini didasarkan pada teknik menengah dan transmisi fisik yang digunakan.

Fungsi Repeater

Repeater umumnya digunakan oleh komersial dan operator radio amatir untuk memperluas sinyal pada rentang frekuensi radio dari satu penerima ke yang lain. Ini terdiri dari repeater drop, mirip dengan sel-sel di radio selular, dan hub repeater, yang menerima dan memancarkan kembali sinyal dari dan ke sejumlah arah

Repeater merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan jaringan yang akan dibangun melebihi batas ukuran satu, fisik, segmen kabel. Jumlah repeater yang dapat digunakan umumnya dibatasi oleh implementasi LAN tertentu. Menggunakan repeater antara dua atau lebih kabel LAN segmen mengharuskan protokol lapisan fisik yang sama digunakan untuk mengirim sinyal melalui semua segmen kabel.

Baca juga: Jaringan Komputer

Contoh !!!
Dua LAN segmen kabel Ethernet LAN yang keduanya menggunakan transmisi baseband bisa dihubungkan dengan repeater. Berbagai jenis media transmisi fisik dapat dihubungkan dengan menggunakan repeater dirancang dengan baik selama mereka menangani sinyal, seperti dijelaskan di bawah:

Repeater Ethernet yang tersedia memungkinkan semua berbagai jenis media transmisi baseband Ethernet, termasuk 10baseT, kabel Coaxial, 10base2 dan twisted pair cablesegment untuk saling berhubungan dalam LAN yang sama.

Manfaat Menggunakan Repeater
a. Koneksi tidak akan terputus ketika terhubung ke internet, kecuali jaringan operator yg bermasalah.
b. Isyarat jadi stabil & tak naik-turun, ini lebih baik lantaran menjadikan koneksi lancar.

c. Membuat modem tidak mudah panas, karena rata-rata modem cepat panas disebabkan oleh penerimaan isyarat yg tak stabil.

d. Membuat baterai akan lebih awet, sebab apabila isyarat kurang baik sehingga selular dapat lebih tidak sedikit menguras baterai.

e. Komunikasi akan lebih lancar sekalipun di daerah terpencil dan jauh dari pemukiman kota
Baca juga cara menginstal modem

Terimakasih sudah membaca Pengertian Repeater dan Fungsinya

0 komentar