Pengertian BIOS dan Fungsinya

Pengertian BIOS dan Fungsinya - BIOS adalah program tingkat rendah yang digunakan oleh sistem anda untuk antarmuka ke perangkat keras komputer seperti kartu video, keyboard, mouse, hard drive, dan perangkat lainnya. 

BIOS adalah program yang tersedia dalam komputer yang fungsi sangat sederhana atau subprogram kecil yang dapat digunakan oleh program tingkat yang lebih tinggi untuk melakukan operasi sederhana pada perangkat komputer. Misalnya program BIOS akan memberikan kemampuan untuk menulis karakter ke memori pada kartu video.

Pengertian BIOS dan Fungsinya


BIOS biasanya ditulis dalam bahasa tingkat komputer rendah dan secara permanen atau semi-permanen ditulis ke dalam sistem komputer. Jenis program komputer umumnya disebut sebagai firmware karena secara historis ditulis secara permanen ke dalam sistem komputer. Meskipun BIOS adalah sebuah program, namun tidak bisa dianggap software apalagi perangkat keras komputer. Namun firmware adalah istilah digunakan untuk menggambarkan hal itu.

Program historis BIOS ditulis ke dalam jenis memori yang disebut ROM (read only memory). Jenis memori tidak akan kehilangan data saat daya komputer hilang sehingga memastikan program BIOS ini akan selalu tersedia. 

Ada berbagai varian memori ROM beberapa yang dapat ditulis beberapa kali tapi memori ini bisa biasanya tidak diubah atau diprogram ulang setelah sistem komputer dijual kepada pelanggan. Setelah memori ROM ditulis untuk, bisa tidak ditulis lagi dan hanya bisa dibaca ketika dalam kepemilikan pelanggan. 

Dalam beberapa tahun kebelakangan, bentuk yang lebih fleksibel dari memori dikembangkan disebut flash ROM yang memungkinkan memori ROM yang akan ditulis ke setelah sistem komputer adalah dalam kepemilikan pelanggan.

0 komentar