Kepanjangan USB dan Fungsinya

Kepanjangan USB dan Fungsinya - kepanjangan USB adalah Universal Serial Bus.  Seperti namanya, dan berdasarkan seri jenis arsitekturnya. Namun, itu adalah input-output antarmuka lebih cepat dari standar port serial. Arsitektur Serial digunakan untuk jenis port untuk dua alasan utama:

a. Serial arsitektur memberikan pengguna clock rate jauh lebih tinggi daripada antarmuka paralel karena antarmuka paralel tidak mendukung frekuensi terlalu tinggi (dalam arsitektur kecepatan tinggi, bit beredar di setiap kawat tiba dengan lag, menyebabkan kesalahan);
b.  Kabel serial jauh lebih murah daripada kabel paralel. baca juga pengertian ftp dan fungsinya

Standar USB

Jadi, dari tahun 1995, standar USB telah dikembangkan untuk menghubungkan berbagai perangkat.
USB 1.0 standar menawarkan dua mode komunikasi:

    12 Mb / s dalam mode kecepatan tinggi,
    1,5 Mb / s dalam kecepatan rendah.

USB 1.1 standar menyediakan beberapa klarifikasi untuk produsen perangkat USB tapi tidak mengubah apa pun dalam kecepatan. USB 1.1 bersertifikat perangkat membawa logo berikut:

Kepanjangan USB dan Fungsinya

USB 2.0 standar memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan yang bisa mencapai 480 Mbit / s / USB 2.0 perangkat bersertifikat membawa logo berikut:

Kepanjangan USB dan Fungsinya

Jika tidak ada logo, cara terbaik untuk menentukan apakah USB adalah USB berkecepatan rendah atau tinggi adalah untuk berkonsultasi dokumentasi produk sepanjang konektor yang sama.

Kompatibilitas antara USB 1.0, 1.1 dan 2.0 terjamin. Namun, penggunaan perangkat USB 2.0 di port USB kecepatan rendah (yaitu 1.0 atau 1.1) akan membatasi kecepatan 12Mbit / s maksimum. Selain itu, sistem operasi kemungkinan untuk menampilkan pesan yang menjelaskan bahwa kecepatan akan dibatasi.

Jenis konektor

Ada dua jenis konektor USB:
a. Konektor yang dikenal sebagai tipe A, di mana bentuknya persegi panjang dan umumnya digunakan untuk perangkat bandwidth kurang intensif (keyboard, mouse, webcam, dll);
b. Konektor yang dikenal sebagai tipe B, di mana bentuknya persegi dan terutama digunakan untuk perangkat kecepatan tinggi (hard disk eksternal, dll); 

Kepanjangan USB dan Fungsinya

    Power supply + 5V (VBUS) 100mA maksimum
    Data (D-)
    Data (D +)
    Massa (GND)

Operasi USB

Salah satu ciri arsitektur USB adalah bahwa dia dapat memasok listrik ke perangkat yang menghubungkan, dengan batas 15W maksimum per perangkat. Untuk melakukannya, USB menggunakan kabel terdiri dari empat kabel (massa GND, pasokan BUS dan dua kabel data yang disebut D- dan D +).

Kepanjangan USB dan Fungsinya


USB standar memungkinkan perangkat untuk dirantai dengan menggunakan bus atau star topologi . Jadi, perangkat baik dapat terhubung satu dengan yang lain atau bercabang.

Percabangan ini dilakukan dengan menggunakan kotak yang disebut "hub" yang terdiri dari input tunggal dan beberapa output. Beberapa aktif (penyediaan energi listrik), yang lain pasif (daya yang disediakan oleh komputer).
Kepanjangan USB dan Fungsinya

Komunikasi antara host (komputer) dan perangkat dilakukan menurut sebuah protokol (bahasa komunikasi) berdasarkan token ring prinsip. Ini berarti bahwa bandwidth sementara dibagi antara semua perangkat yang terhubung. Host (komputer) mengeluarkan sinyal untuk memulai urutan setiap milidetik (ms), interval waktu selama yang bersamaan akan memberikan masing-masing perangkat kesempatan untuk "berbicara". 

Ketika tuan rumah ingin berkomunikasi dengan perangkat, mentransmisikan token (paket data, yang berisi alamat perangkat berkode lebih dari 7 bit) menunjuk perangkat, sehingga tuan rumah yang memutuskan untuk "berbicara" dengan perangkat. Jika perangkat mengenali alamatnya di token, itu mengirimkan paket data (antara 8 dan 255 byte) dalam menanggapi, jika tidak melewati paket ke perangkat lain yang terhubung. Data dipertukarkan dengan cara ini berkode menurut NRZI coding.

Sejak alamat berkode lebih dari 7 bit, 128 perangkat (2 ^ 7) secara bersamaan dapat terhubung ke port jenis ini. Pada kenyataannya, disarankan untuk mengurangi jumlah ini 127 karena 0 alamat adalah alamat yang dicadangkan. (sampai nanti).

Karena panjang maksimum kabel antara dua perangkat dari 5 meter dan jumlah maksimum 5 hub (disediakan), adalah mungkin untuk membuat rantai 25 meter panjangnya.

Port USB mendukung Hot plug and play. Jadi, perangkat dapat terhubung tanpa mematikan komputer (Hot Plug). Ketika perangkat terhubung ke host mendeteksi penambahan item baru berkat perubahan dalam ketegangan antara D + dan D- kabel. Pada saat ini, komputer mengirim sinyal inisialisasi ke perangkat untuk 10 ms, maka pasokan arus menggunakan GND dan VBUS kabel (hingga 100mA). 

Perangkat keras komputer ini kemudian dipasok dengan arus listrik dan untuk sementara mengambil alih alamat default (0 address). Tahap berikut terdiri dari memasok dengan alamat definitif (ini adalah prosedur daftar). Untuk melakukannya, komputer menginterogasi perangkat sudah terhubung tahu alamat mereka dan mengalokasikan yang baru, yang mengidentifikasi dengan pulang. Tuan rumah, memiliki semua karakteristik yang diperlukan kemudian mampu memuat driver yang sesuai.

Spesifikasi lengkap untuk standar USB dapat didownload dari Forum Implementers situs USB:
http://www.usb.org/developers/docs/

Terimakasih sudah membaca kepanjangan USB dan fungsinya, semoga bermanfaat.

0 komentar