Jenis jenis RAM dan Penjelasannya

Jenis jenis RAM dan Penjelasannya - RAM adalah memori volatile, artinya informasi tertulis untuk dapat diakses selama komputer aktif. Begitu daya dimatikan, hal itu tidak dapat diakses. jadi ini berarti RAM memori komputer pada dasarnya empty. RAM memegang petunjuk dan pengolahan data sementara sampai CPU membutuhkannya.

RAM dianggap "akses acak" karena Anda dapat mengakses setiap sel memori secara langsung. RAM dibuat dalam chip elektronik terbuat dari apa yang disebut semikonduktor material, seperti prosesor dan banyak jenis chip. untuk lebih jelas, silahkan baca pengertian RAM dan Fungsinya

Dalam RAM, transistor membuat sel-sel penyimpanan individual yang masing-masing dapat "mengingat" jumlah data, misalnya, 1 atau 4 bit - asalkan PC diaktifkan. Secara fisik, RAM terdiri dari chip elektronik kecil yang dipasang di modul (kecil papan sirkuit cetak). Modul dipasang di motherboard PC menggunakan soket - biasanya ada 2, 3 atau 4 ini.

Jenis jenis RAM dan Penjelasannya, Jenis jenis RAM dan fungsinya, Jenis jenis RAM dan  gambarnya, Jenis jenis RAM dan perbedaannya,



Jenis-jenis RAM
1. RAM Dinamis
2. RAM Statis

RAM Dinamis
RAM dinamis: kehilangan informasi yang disimpan dalam waktu yang sangat singkat bahkan ketika catu daya menyala (sebentar mili.). D-RAM ini lebih murah & lebih rendah.
Mirip dengan chip mikroprosesor adalah Integrated Circuit (IC) yang terbuat dari jutaan transistor dan kapasitor.

Dalam bentuk yang paling umum dari memori komputer, Dynamic Memory Sel, mewakili satu bit data. Kapasitor memegang sedikit informasi - 0 atau 1. Transistor bertindak sebagai switch yang memungkinkan sirkuit kontrol pada chip memori membaca kapasitor atau mengubah keadaan. Sebuah kapasitor adalah seperti ember kecil yang mampu menyimpan elektron. Untuk menyimpan 1 di sel memori, ember diisi dengan elektron.

Untuk menyimpan 0, itu dikosongkan. Masalah dengan ember kapasitor adalah bahwa ia memiliki kebocoran. Dalam hitungan beberapa milidetik ember penuh menjadi kosong. Oleh karena itu, untuk memori dinamis untuk bekerja, baik CPU atau Controller Memory harus datang dan mengisi ulang semua kapasitor memegangnya sebelum mereka debit. Untuk melakukan hal ini, memory controller membaca memori dan kemudian menulis itu segera kembali. Operasi penyegaran ini terjadi secara otomatis ribuan kali per detik.

Operasi penyegaran sinilah RAM dinamis mendapatkan namanya. RAM dinamis harus dinamis refresh semua waktu atau lupa apa itu memegang. Kelemahan dari semua menyegarkan ini adalah bahwa dibutuhkan waktu dan memperlambat memori.

RAM Statis
RAM statis menggunakan teknologi yang sama sekali berbeda. S-RAM mempertahankan disimpan informasi hanya selama catu daya menyala. Static RAM adalah mahal dan mengkonsumsi lebih banyak daya. Mereka memiliki kecepatan lebih tinggi dari D-RAM. Mereka menyimpan informasi di Hip-Hope.
Baca juga Perbedaan RAM dan ROM

Dalam RAM statis, bentuk flipflop memegang setiap bit memori. Sebuah flip-flop untuk sel memori memakan waktu empat atau enam transistor bersama dengan beberapa kabel, tetapi tidak pernah memiliki untuk refresh. Hal ini membuat RAM statis signifikan lebih cepat dari RAM dinamis.

Namun, karena memiliki lebih banyak bagian, sel memori statis memakan lebih banyak ruang pada chip dari sel memori dinamis. Oleh karena itu, Anda mendapatkan sedikit memori per chip, dan yang membuat RAM statis jauh lebih mahal. RAM statis cepat dan mahal, dan RAM dinamis lebih murah dan lebih lambat. RAM statis digunakan untuk membuat cache yang speedsensitive CPU, sedangkan RAM dinamis membentuk ruang sistem RAM yang lebih besar.

Beberapa RAM lainnya adalah:

(a) EDO (Extended Data Output) RAM: Dalam sebuah RAM EDO, setiap lokasi memori dapat diakses. Toko 256 byte informasi data ke kait. Kait memegang 256 byte berikutnya informasi sehingga dalam kebanyakan program, yang secara berurutan dieksekusi, data yang tersedia tanpa menunggu negara.

(b) SDRAM (Synchronous DRAM), SGRAMs (Synchronous Graphic RAM) RAM chip ini menggunakan clock rate yang sama seperti CPUuses. Mereka mentransfer data saat CPU mengharapkan mereka untuk menjadi siap.

(c) DDR-SDRAM (Double Data Rate - SDRAM): ini transfer RAM data pada kedua tepi jam. Oleh karena itu kecepatan transfer data menjadi ganda.

ROM : Read only memory: adalah perangkat keras komputer sebagai memori non volatile, yaitu, informasi yang tersimpan di dalamnya, tidak hilang bahkan jika catu daya padam. Ini digunakan untuk penyimpanan permanen informasi. Hal ini juga dimiliki properti akses acak. Informasi tidak dapat ditulis ke dalam ROM oleh pengguna / programmer. Dengan kata lain isi ROM diputuskan oleh manufaktur.
Berikut jenis ROM yang tercantum di bawah ini:

a. PROM: Ini diprogram ROM. Isinya ditentukan oleh pengguna. Pengguna dapat menyimpan program permanen, data yang lain dalam PROM. Data diumpankan ke dalamnya menggunakan program PROM.

b. EPROM: Data yang disimpan dalam EPROM ini dapat dihapus dengan mengekspos ke sinar UV selama sekitar 20 menit. Sebenarnya tidak mudah untuk menghapusnya karena EPROM IC harus dihapus dari komputer dan terkena sinar UV. Seluruh data akan dihapus dan tidak dipilih bagian oleh pengguna.

c. EEPROM (Electrically Erasable PROM): Ini dapat dihapus dalam beberapa milidetik. Ada batas pada jumlah kali EEPROM dapat diprogram, yaitu; biasanya sekitar 10.000 kali.

Flash Memory: Jenis memori permanen elektrik bisa dihapus & diprogram. Menggunakan salah satu memori transistor semua mengakibatkan kepadatan tinggi kemasan, konsumsi daya yang rendah, biaya yang lebih rendah & keandalan yang lebih tinggi. Its digunakan dalam semua kekuasaan, kamera digital, MP3 player dll

0 komentar