Fungsi Disket atau Floppy Disk

Fungsi Disket atau Floppy Disk - Floppy disk drive yang juga dikenal sebagai floppy atau FDD adalah media penyimpanan removable utama untuk pribadi komputer. FDD, disebut mini disk, adalah media utama untuk mendapatkan informasi yang masuk dan keluar dari sistem komputer mikro. 

Jika Anda memiliki dua FDDs kapasitas penyimpanan yang berbeda, A: Dalam DOS dan Windows pengenal yang digunakan untuk pertama floppy disk drive; floppy disk kedua ditunjuk sebagai drive B :.

A floppy disk, sering disebut Drive disket di PC dunia, bentuknya tipis, bulat, potongan datar Mylar. Ini memiliki lapisan sangat tipis dari oksida besi atau lapisan oksida magnetik yang mampu menyimpan medan magnet, seperti pita rekaman tebal. 

Fungsi Disket atau Floppy Disk


Perangkat keras komputer ini  mengambil informasi jauh lebih lambat daripada HDD karena mereka berputar pada kecepatan yang lebih rendah (300 rpm seperti terhadap 10.000 rpm).

Karena floppy disk menyimpan informasi secara magnetis, setiap magnet dapat merusak data (informasi) pada disk. Ini berarti Anda tidak harus memungkinkan floppy disk di dekat pemegang klip kertas magnetik, telepon, stereo, radio portabel, atau elektronik lainnya perangkat-dan tidak pin mereka ke lemari arsip dengan magnet!

IBM Komputer digunakan 5,25 "inci floppy disk dapat berisi 360 KB, sementara yang modern 3.5" disk inch tahan 1,44 Mb. Disket menjadi media utama untuk distribusi perangkat lunak selama tahun-tahun formatif komputasi personal.

Pada Floppy Disk, informasi diatur dalam trek. Setiap lagu dibagi menjadi sektor dan masing-masing sektor dalam bytes. Yang lebih kecil 3.5 "Floppy Disk menggunakan 80 track per sisi, 18 sektor per track, dan 512 byte per sektor, menghasilkan kapasitas 1,44 MB. Floppy disk pertama kali muncul di akhir 1960-an ketika IBM digunakan mereka dalam sebuah komputer mini awal.

Keuntungan dari floppy disk adalah bisa dilepas dari komputer, sehingga dapat digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak, untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain, atau untuk membuat cadangan file dari hard disk. Tapi dibandingkan dengan hard disk, floppy disk juga lebih lambat, menawarkan jumlah yang relatif kecil penyimpanan, dan mudah rusak.

0 komentar