Apa itu CONFIG.SYS ???

Apa itu CONFIG.SYS ??? Jika Anda memiliki PC, Anda mungkin memiliki file bernama CONFIG.SYS pada disk. Config.sys adalah Sebuah file yang secara otomatis membaca saat start up oleh MS-DOS sistem operasi yang digunakan untuk memuat Perangkat Driver diperlukan oleh berbagai periferal yang terhubung ke komputer, dan untuk mengatur parameter konfigurasi yang benar bagi mereka.  baca juga pengertian sistem operasi

File ini berisi berbagai instruksi yang digunakan untuk menyesuaikan cara sistem Anda bekerja. Setiap kali Anda memulai atau restart mesin, file config.sys dibaca oleh sistem operasi (DOS atau OS / 2), yang mengkonfigurasi dirinya sendiri sesuai dengan petunjuk dalam file. 

Dalam DOS file config.sys dimulai dengan perintah yang memberitahu sistem operasi berapa banyak file dapat digunakan pada waktu kapan saja, dan berapa banyak untuk membuat buffer, seperti ini:

FILES = 30
Buffer = 20

File juga mungkin memiliki perintah yang me-load ke memori satu atau driver perangkat yang lebih, yang potongan-potongan kecil dari perangkat lunak yang memungkinkan sistem untuk berkomunikasi dengan dan mengontrol beberapa perangkat seperti memori atau mouse.

Sebagai contoh:

PERANGKAT = C: \ DOS \ H IMEM. SYS
PERANGKAT = C \ MOUSE \ MOUSE. SYS

Anda dapat mengubah isi dari konfigurasi.SYS dengan semua pengolah kata atau editor teks, karena file hanya file teks. Anda harus pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda sebagai file ASCII polos tanpa pengolah kata-jenis format .

Sebenarya, ada tidak membutuhkan file CONFIG.SYS untuk menggunakan komputer, karena DOS membuat asumsi tentang bagaimana mengatur segalanya jika Anda tidak memberi tahu secara eksplisit apa yang harus dilakukan. Namun, program-program tertentu tidak akan berjalan kecuali pengaturan yang benar ditentukan dalam CONFIG.SYS.

0 komentar