Tips Sederhana Agar Komputer Tetap Aman Saat Internetan

Tips Sederhana Agar Komputer Tetap Aman Saat Internetan - Internat bukanlah tempat yang sangat aman. Banyak hacker mencoba mengakses komputer Anda, worm mencoba untuk menginfeksi Anda, Trojan berbahaya menyamar sebagai program membantu, dan spyware yang melaporkan kegiatan Anda kembali ke pembuat mereka.

Dalam banyak kasus, mereka yang terinfeksi tidak sadar menjadi tempat berkembang biak bagi program yang tidak diinginkan dan kegiatan kriminal. Namun dengan pendidikan yang layak dan komputasi cerdas internet dapat menjadi aman, bermanfaat, dan menyenangkan untuk dikunjungi tanpa harus khawatir tentang apa keamanan komputer anda saat internetan.

Tutorial ini diciptakan untuk memberikan tips dan teknik untuk komputasi cerdas dan aman. Bila menggunakan teknik ini, Anda akan tidak hanya melindungi diri sendiri dan data Anda dari hacker dan virus, tetapi juga menjaga komputer anda selalu ada dalam performa terbaik. Tips dalam tutorial ini berlaku untuk semua pengguna komputer dan semua sistem operasi, tetapi kami telah mencoba untuk menunjukkan langkah-langkah spesifik untuk berbagai sistem operasi seperti itu menjadi perlu.

Tips 1: Selalu menginstal pembaruan Sistem Operasi
Langkah yang paling penting untuk setiap pengguna komputer adalah untuk selalu menginstal pembaruan, terutama update keamanan, ketika mereka menjadi tersedia untuk sistem operasi Anda. Ketika sistem operasi yang dikembangkan, bug, atau kesalahan pemrograman, maka dapat menyebabkan kerentanan keamanan pada sebuah komputer.

Meskipun pengembang menghabiskan berjam-jam mencoba untuk mencegah bug ini. Tidak peduli apa sistem operasi yang kita bicarakan, bug selalu diperkenalkan. Karena ini, perusahaan secara rutin akan merilis update dan patch untuk memperbaiki kerentanan keamanan atau kesalahan seperti yang ditemukan.
Agar komputer Anda untuk beroperasi dengan lancar dan aman, sangat penting jika  anda semua menginstal pembaruan, terutama update keamanan, seperti yang dirilis. Dengan tidak menginstal pembaruan ini Anda meninggalkan komputer Anda pada risiko dari remote pengguna hacking ke mereka atau virus mengeksploitasi bug ini untuk mendapatkan akses ke komputer Anda. 

Untungnya, semua sistem operasi modern menyediakan metode yang mudah untuk menginstal update baru. Bahkan, sebagian besar metode ini melakukan semua pekerjaan untuk Anda dan hanya mengharuskan Anda untuk mengklik prompt untuk memungkinkan update untuk menginstal. Oleh karena itu, benar-benar ada alasan untuk tidak menginstalnya. baca juga pengertian sistem operasi komputer

Tips 2: Jauhkan aplikasi yang terinstal Anda up-to-date
Sebuah metode umum yang digunakan infeksi komputer untuk menginfeksi komputer Anda kerentanan keamanan di program yang diinstal Anda. program umum yang ditargetkan karena menginstal basis besar mereka web browser, Microsoft Office, Adobe Reader, Adobe Flash, Adobe Shockwave, dan Oracle Java. 

Dalam rangka untuk membuat komputer Anda aman,, Anda perlu memastikan program-program ini diperbarui ketika perbaikan keamanan baru dirilis. Masalahnya adalah bahwa banyak orang hanya mengabaikan peringatan tentang update baru, meskipun update ini memperbaiki masalah keamanan yang dapat memungkinkan hacker ke dalam komputer Anda.

Tips Sederhana Agar Komputer Tetap Aman Saat Internetan

Jika Anda diminta oleh aplikasi yang dikenal yang biasa digunakan menyatakan bahwa ada update baru, klik tombol untuk memungkinkan untuk diperbarui. Hal ini terutama berlaku untuk web browser, yang umumnya ditargetkan oleh kode berbahaya pada situs web. Jika ada versi baru dari browser web Anda tersedia, Anda harus meng-upgrade sehingga setiap keamanan komputer terjaga.

Tip 3: Jangan menggunakan password yang sama di setiap situs
Sekarang telah menjadi umum untuk mendengar tentang sebuah perusahaan yang hack dan hacker mampu mengakses alamat email anggota perusahaannya. Jika Anda menggunakan password yang sama di setiap situs, dan salah satu situs tersebut diretas, hacker sekarang memiliki informasi akun Anda di mana-mana bahwa Anda memiliki akun. Mereka sekarang dapat login ke email Anda, melihat apa account lain yang Anda miliki, bank yang Anda gunakan, dll dan mengumpulkan lebih banyak informasi pribadi tentang Anda.
Hal ini sangat penting untuk menggunakan password yang berbeda di setiap situs di mana Anda memiliki akun. Sayangnya, kita semua tahu itu tidak realistis dan bahkan mungkin untuk mengingat password yang berbeda untuk setiap akun Anda. 

Untuk mengatasi lupa password, saya sarankan anda  menggunakan program manajemen password seperti KeePass untuk membantu Anda menyimpan informasi account untuk setiap situs yang Anda login ke. KeePass juga mengandung plugin yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis login ke situs yang Anda kunjungi menggunakan informasi yang tersimpan dalam database-nya.
Jika Anda lebih suka tidak menyimpan password Anda di program lain, kemudian menciptakan format sandi standar lebih baik daripada menggunakan password yang sama di setiap situs. Misalnya, untuk setiap situs yang Anda kunjungi Anda dapat membuat password dalam format ! 55. 

Jadi jika Anda mendaftarkan akun di google dan Anda lahir pada tahun 1990, Anda bisa menggunakan password 1975 google! 55. Kemudian pada CNN Anda bisa memiliki akun 1975cnn! 55. Seperti yang Anda lihat sekarang Anda menggunakan password yang berbeda dan kuat di setiap lokasi, namun Anda memiliki mudah diingat format yang dapat Anda gunakan untuk menentukan password.

Mungkin itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

0 komentar