Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Komputer adalah bagian fisik dari sebuah komputer, yang dibedakan dari perangkat lunak komputer yang dijalankan atau berjalan pada perangkat keras. Perangkat keras komputer yang jarang berubah, sedangkan perangkat lunak dan data yang sering dimodifikasi. kata Soft merujuk mudah dibuat, diubah, atau dihapus. Ini adalah seperti komponen fisik dalam komputer yang sulit.

Ketika Anda berpikir tentang perangkat keras komputer, Anda mungkin berpikir tentang komputer pribadi Anda di rumah atau satu di kelas Anda. Namun, perangkat keras komputer tidak secara khusus mengacu pada komputer pribadi. Sebaliknya, itu adalah semua jenis sistem komputer. hardware komputer dalam sistem tertanam dalam mobil, oven microwave, pemutar CD, pemutar DVD, dan lebih banyak perangkat.

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, perangkat keras komputer dan fungsinya, pengertian perangkat keras komputer, macam-macam perangkat keras komputer, makalah perangkat keras komputer, perangkat keras jaringan komputer,perangkat keras internet,perangkat komputer

Pada tahun 2003, hanya 0,2% dari semua mikroprosesor yang dijual untuk komputer pribadi. Berapa banyak hal lain di rumah Anda atau ruang kelas hardware menggunakan komputer Anda?
dalam Komputer

Motherboard
Motherboard ini adalah badan atau mainframe dari komputer, melalui mana semua komponen lainnya antarmuka . Ini adalah papan sirkuit pusat membuat sebuah sistem elektronik yang kompleks. Sebuah motherboard memberikan sambungan listrik dimana komponen lain dari sistem berkomunikasi. Papan ibu mencakup banyak komponen seperti: central processing unit (CPU), memori akses acak (RAM), firmware, dan bus internal dan eksternal.

Baca lebih lengkap: Komponen Motherboard dan Fungsinya

CPU
Central Processing Unit (CPU, kadang-kadang hanya disebut prosesor) adalah mesin yang dapat mengeksekusi program komputer . Hal ini kadang-kadang disebut sebagai otak dari komputer.
Diagram CPU

Diagram CPU
Ada empat langkah yang hampir semua CPU gunakan dalam operasi mereka: fetch, decode, mengeksekusi, dan writeback. Langkah pertama, mengambil, melibatkan mengambil instruksi dari memori program. Pada langkah decode, instruksi yang dipecah menjadi bagian-bagian yang memiliki signifikansi untuk bagian lain dari CPU.

Selama menjalankan langkah berbagai bagian dari CPU, seperti unit aritmatika dan logika (ALU) dan floating point unit (FPU) yang terhubung sehingga mereka dapat melakukan operasi yang diinginkan. Langkah terakhir, writeback, hanya menulis kembali hasil eksekusi langkah untuk beberapa bentuk memori.

Random Access Memory
Random access memory (RAM) adalah memori cepat-akses yang dibersihkan saat komputer power-down. RAM menempel langsung ke motherboard, dan digunakan untuk menyimpan program yang sedang berjalan. RAM adalah satu set sirkuit terpadu yang memungkinkan data yang disimpan untuk diakses dalam urutan apapun (mengapa disebut random). Ada berbagai jenis RAM. Perbedaan antara jenis yang berbeda antara lain: dapat ditulis vs read-only, statis vs dinamis, mudah menguap vs non-volatile, dll

Firmware
Firmware dimuat dari Baca only memory (ROM) yang dikelola dari Basic Input-Output System (BIOS). Ini adalah program komputer yang tertanam dalam perangkat keras, misalnya mikrokontroler. Seperti nama menyarankan, firmware adalah suatu tempat antara hardware dan software.

Seperti perangkat lunak, itu adalah sebuah program komputer yang dijalankan oleh mikroprosesor atau mikrokontroler. Tetapi juga terkait erat dengan perangkat keras, dan memiliki sedikit makna di luar itu. Kebanyakan perangkat yang terpasang ke sistem modern adalah komputer tujuan khusus dalam hak mereka sendiri, menjalankan perangkat lunak mereka sendiri. Beberapa dari perangkat ini menyimpan perangkat lunak ( "firmware") dalam ROM dalam perangkat itu sendiri.

Power Supply
Power supply sebagai nama mungkin menyarankan adalah perangkat yang memasok listrik ke semua komponen dalam komputer. kasus yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase, dan (biasanya) kipas pendingin. Catu daya mengkonversi sekitar 100-120 volt listrik AC ke tegangan rendah DC daya untuk komponen internal untuk digunakan. Pasokan daya komputer yang paling umum dibangun agar sesuai dengan faktor bentuk ATX.

Baca juga : Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Hal ini memungkinkan pasokan daya yang berbeda untuk dipertukarkan dengan berbagai komponen di dalam komputer. ATX pasokan listrik juga dirancang untuk menghidupkan dan mematikan menggunakan sinyal dari motherboard, dan memberikan dukungan untuk fungsi-fungsi modern seperti modus siaga.

Removable Media Devices
Jika Anda meletakkan sesuatu di komputer Anda dan mengambil itu kemungkinan besar bentuk removable media. Ada banyak perangkat removable media yang berbeda. Yang paling populer mungkin CD dan DVD drive yang hampir setiap komputer hari ini memiliki setidaknya satu dari. Ada beberapa drive disk baru seperti Blu-ray yang dapat menampung jumlah yang jauh lebih besar dari informasi kemudian CD atau DVD normal. Salah satu jenis removable media yang menjadi kurang populer adalah floppy disk.

CD
CD adalah jenis yang paling umum dari removable media. Mereka murah tapi juga memiliki pendek rentang hidup. Ada berbagai jenis beberapa CD. CD-ROM yang merupakan singkatan dari Compact Disc read-only memory populer digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak komputer meskipun setiap jenis data dapat disimpan pada mereka.

CD-R
CD-R adalah variasi lain yang hanya dapat ditulis sekali tapi dapat dibaca berkali-kali. CD-RW (rewritable) dapat ditulis lebih dari sekali serta membaca lebih dari sekali. Beberapa jenis lain dari CD yang tidak populer termasuk Super Audio CD (SACD), Video Compact Disc (VCD), Super Video Compact Disc (SVCD), PhotoCD, PictureCD, CD-i, dan CD Ditingkatkan.

CD Writer
Ada dua jenis perangkat dalam komputer yang menggunakan CD: CD-ROM drive dan CD writer. CD-ROM drive yang digunakan untuk membaca CD. CD writer drive dapat membaca dan menulis CD. penulis CD jauh lebih populer adalah komputer baru dari CD-ROM drive. Kedua jenis drive CD disebut drive cakram optik karena penggunaan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk membaca atau menulis data ke atau dari CD.

DVD
DVD adalah cakram optik Format media penyimpanan lain yang populer. Penggunaan utama untuk DVD video dan penyimpanan data. Kebanyakan DVD adalah dari dimensi yang sama seperti compact disc. Sama seperti CD ada banyak variasi yang berbeda. DVD-ROM memiliki data yang yang hanya dapat dibaca dan tidak ditulis. DVD-R dan DVD + R dapat ditulis sekali dan kemudian berfungsi sebagai DVD-ROM. baca juga cara melihat spesifikasi laptop

DVD-RAM, DVD-RW, atau DVD + RW Data hold yang dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali. DVD-Video dan DVD-Audio disc masing-masing mengacu diformat dan video yang terstruktur dan konten audio. Perangkat yang menggunakan DVD sangat mirip dengan perangkat yang menggunakan CD. Ada DVD-ROM serta DVD writer yang bekerja dengan cara yang sama seperti CD-ROM drive dan CD writer. Ada juga DVD-RAM drive yang membaca dan menulis untuk variasi DVD-RAM DVD.

Blu-ray
Blu-ray adalah cakram optik format media yang penyimpanan yang lebih baru. menggunakan utamanya adalah high-definition video dan penyimpanan data. disk memiliki dimensi yang sama seperti CD atau DVD. Istilah "Blu-ray" berasal dari laser biru digunakan untuk membaca dan menulis ke disk. Cakram Blu-ray dapat menyimpan lebih banyak data maka CD atau DVD.

Sebuah dual layer Blu-ray disc dapat menyimpan hingga 50GB, hampir enam kali thecapacity dari dual layer DVD (WOW!). Blu-ray memiliki perangkat serupa yang digunakan untuk membacanya dan menulis kepada mereka sebagai CD memiliki. Sebuah drive BD-ROM hanya dapat membaca disc Blu-ray dan penulis BD dapat membaca dan menulis disk Blu-ray.

Floppy Disk
Sebuah floppy disk adalah jenis penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel ( "floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus dalam persegi atau persegi panjang shell plastik. disket dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy. floppy disk yang sekarat dan digantikan oleh drive optik dan flash.

Banyak komputer baru tidak datang dengan floppy drive lagi tetapi ada banyak yang lebih tua dengan floppy drive tergeletak di sekitar. Sementara floppy disk yang sangat murah jumlah penyimpanan pada mereka dibandingkan dengan jumlah penyimpanan untuk harga flash drive membuat floppy disk masuk akal untuk menggunakan.
Disket

Penyimpanan Internal
Penyimpanan internal adalah perangkat keras yang menyimpan data dalam komputer untuk digunakan dan tetap teguh bahkan ketika komputer tidak memiliki kekuasaan. Ada berbagai jenis beberapa penyimpanan internal. Hard disk adalah jenis yang paling populer dari penyimpanan internal. solid-state drive telah tumbuh dalam popularitas perlahan. Sebuah controller disk array adalah populer ketika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan maka disk har tunggal dapat terus.

Hard Disk Drive
Sebuah hard disk drive (HDD) adalah perangkat penyimpanan non-volatile yang menyimpan data digital dikodekan pada berputar cepat piring-piring dengan permukaan magnetik. Hampir setiap komputer baru datang dengan hard disk hari ini kecuali ia datang dengan solid-state drive baru. Khas desktop hard disk drive toko antara 120 dan 400GB, memutar di 7.200 rpm, dan memiliki transfer rate madia dari 1 Gbit / s atau lebih tinggi. Hard disk drive diakses melalui salah satu dari sejumlah jenis bus, termasuk paralel ATA (juga disebut IDE), Serial ATA (SATA), SCSI, Serial Attached SCSI, dan Fibre Channel.

Baca juga : Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Solid-State Drive
Sebuah solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan memori solid-state untuk menyimpan data persisten. SSD mengemulasi hard disk drive, sehingga dengan mudah menggantinya dalam aplikasi apapun. SSD telah mulai muncul di laptop karena mereka bisa lebih kecil dari HDD. SSD saat ini lebih mahal per unit kapasitas dari HDD yang mengapa mereka belum tertangkap begitu cepat.

Disk Array Controller
Sebuah controller disk array adalah perangkat yang mengelola disk drive fisik dan menyajikan mereka ke komputer sebagai unit logis. Ini hampir selalu menerapkan hardware RAID. RAID (Redundant Array of Independent Drives) adalah teknologi yang mempekerjakan penggunaan simultan dari dua atau lebih hard disk drive untuk mencapai tingkat yang lebih besar dari kinerja, kehandalan, dan / atau ukuran volume data yang lebih besar. Sebuah controller disk array juga menyediakan cache disk tambahan.

0 komentar