Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer - Sebuah jaringan komputer adalah sebuah sistem di mana beberapa komputer terhubung satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya.

Jaringan komputer
Karakteristik dari jaringan komputer
Sumber Daya berbagi dari satu komputer ke komputer lain
Membuat file dan menyimpannya dalam satu komputer, mengakses file-file dari komputer lain (s) yang terhubung melalui jaringan
Menghubungkan printer, scanner, atau mesin fax ke satu komputer dalam jaringan dan membiarkan komputer lain dari jaringan menggunakan mesin yang tersedia melalui jaringan.

Berikut ini adalah daftar perangkat keras yang diperlukan untuk setup jaringan komputer.
    Kabel jaringan
    Distributor
    Router
    Kartu Jaringan internal
    Kartu Jaringan eksternal

Kabel jaringan
kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer. Kabel yang paling umum digunakan adalah Kategori 5 kabel RJ-45.
Perangkat Keras Jaringan Komputer

Distributor
Sebuah komputer dapat terhubung satu sama lain melalui port serial tetapi jika kita perlu untuk menghubungkan banyak komputer untuk menghasilkan jaringan, koneksi serial ini tidak akan bekerja. Solusinya adalah dengan menggunakan badan pusat yang komputer lain, printer, scanner dll dapat dihubungkan dan kemudian tubuh ini akan mengelola atau mendistribusikan lalu lintas jaringan.

Perangkat Keras Jaringan Komputer



Router
Sebuah router adalah jenis perangkat yang bertindak sebagai titik pusat antara komputer dan perangkat lain yang merupakan bagian dari jaringan. Sebuah router dilengkapi dengan lubang yang disebut port dan komputer dan perangkat lain yang terhubung ke router menggunakan kabel jaringan. Sekarang-a-hari router datang dalam mode nirkabel menggunakan yang komputer dapat dihubungkan tanpa kabel fisik.
Baca juga : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
Perangkat Keras Jaringan Komputer



Kartu jaringan
kartu jaringan adalah komponen penting dari komputer tanpa yang komputer tidak dapat terhubung melalui jaringan. Hal ini juga dikenal sebagai adapter jaringan atau Network Interface Card (NIC). Sebagian besar komputer bermerek memiliki kartu jaringan pra-instal. kartu jaringan terdiri dari dua jenis: internal dan Kartu jaringan eksternal.
Perangkat Keras Jaringan Komputer


Motherboard memiliki slot untuk kartu jaringan internal di mana itu harus dimasukkan. kartu jaringan internal terdiri dari dua jenis yang tipe pertama menggunakan koneksi Peripheral Component Interconnect (PCI) sedangkan tipe kedua menggunakan Industry Standard Architecture (ISA). kabel jaringan yang diperlukan untuk menyediakan akses jaringan. pengertian komputer dan fungsinya

Kartu Jaringan eksternal
kartu jaringan eksternal datang dalam dua rasa: Wireless dan USB berbasis. Wireless kebutuhan kartu jaringan yang akan dimasukkan ke dalam motherboard tapi tidak ada kabel jaringan yang diperlukan untuk menyambung ke jaringan.

Perangkat Keras Jaringan Komputer


Universal Serial Bus (USB)
kartu USB yang mudah digunakan dan terhubung melalui port USB. Komputer secara otomatis mendeteksi kartu USB dan dapat menginstal driver yang diperlukan untuk mendukung kartu jaringan USB secara otomatis.
Kartu Data

0 komentar